Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Rajab (1)

Makna Spiritual Bulan Rajab

Kamis, 2 Februari 2023 06:16 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Meskipun bulan Rajab dikatakan memiliki kelebihan tetapi tetap tidak boleh melebih-lebihkannya seolah-olah menyamai kemuliaan bulan Ramadhan. Umar ibn Khatthab pernah memaksa seseorang berbuka puasa di bulan Rajab dengan mengatakan: “Janganlah engkau menyamakan puasa di bulan ini (bulan Rajab) dengan bulan Ramadhan.”

Kalangan Syiah memang melakukan berbagai amalan pada bulan Rajab karena dikaitkan dengan kelahiran be berapa tokoh penting Syi’ah seperti Imam Muhammad Baqir, Imam kelima dari 12 Imam utama Syi’ah yang lahir tgl 1 Rajab 57 H di Madinah.

Baca juga : Pengalaman Philipina

Bulan ini pula lahir Imam Ali Hadi ntgl 3 Rajab 254 H, Imam ke 10, dan dalam bulan ini juga diagungkan kelahiran Sayyidina Ali yang dilukiskan sebagai “putra Ka’bah” karena cerita dari versi Syi’ah lahir di dalam Ka’bah. Tentu saja dalam bulan ini terjadi peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, yang dalam dunia Sunny juga selalu diperinganti.

Di Indonesia, bulan Rajab ini sering diperingati dengan beberapa tradisi, terutama pada setiap malam Jum’atnya. Memang tidak ditemukan dalilnya yang kuat tetapi tradisi yang hidup di dalam masyarakat melakukan “baca doa”, istigatsah, atau ziarah kuburan keluarga, dapat dianggat sebuah tradisi baik karena untuk menambah semangat dan gairah keagamaan umat.

Baca juga : Pengalaman Thailand

Mungkin bulan-bulan sebelumnya banyak di antara mereka melaukan dosa dan pelanggaran atau banyak melupakan Tuhan, maka menjelang bulan suci Ramadhan mereka berusaha membersihakn diri sebelum Ramadhan mensucikan dirinya.

Bulan Rajab ini sebaiknya memang dijadikan momentum untuk mengevaluasi diri sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Biarkanlah bulan Rajab dan Sya’ban membersihkan diri umat supaya energi suci Ramadhan digunakan untuk lebih cepat mendaki langit, lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.