Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Rajab (5)

Bersahabat Dengan ’Uzlah

Minggu, 5 Februari 2023 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Uzlah model pertama ini (yakni memisahkan diri dari keramaian agar orang lain aman dan selamat dari gangguan dirinya) adalah sifat orangorang yang takut pada Allah, sebab dengan cara seperti ini ia memandang dirinya lebih rendah dan kecil dari orang lain.

Sedangkan ‘uzlah model kedua, yakni memisahkan diri dari keramaian agar dirinya aman dan selamat dari gangguan orang lain, adalah sifat yang negatif, sebab dengan cara seperti ini berarti ia sombong, merasa harga dirinya lebih mulia di antara sesama makhluk. Iblis sombong karena ia mengatakan, aku lebih mulia dari Adam.

Baca juga : Mengontrol Egoisme Spiritual

Model ‘uzlah pertama inilah yang sebetulnya diisyaratkan oleh Nabi SAW. dalam hadis: “Menghindarkan manusia dari tindakan kejahatannya”. Seorang biarawan (rahib) pernah ditanya: “Anda seorang biarawan?” Ia menjawab: “Bukan”. Tapi, aku hanyalah penjaga anjing penjaga yang suka menggigit dan menyakiti sesama makhluk. Itulah jiwaku, aku menghindarkan diri dari sesama makhluk agar mereka aman dan selamat.

Seorang laki-laki lewat di hadapan seorang saleh, lalu orang saleh itu bergegas menarik dan merapatkan pakaiannya supaya tidak tersentuh orang yang lewat itu. Orang itu bertanya: “Mengapa Anda menarik pakaian Anda menghindari aku, padahal pakaianku bukanlah najis?” Orang saleh itu menjawab: “Dugaan Anda keliru, justru pakaianku ini kotor sehingga aku menariknya agar tidak mengotori Anda.”

Baca juga : “Kalian Mau Ke Mana?”

‘Uzlah sesungguhnya mirip dengan apa yang dis ebut dengan ‘uzlah khawash oleh kalangan sufi, yaitu memisahkan sifatsifat kemanusiaan menuju kepada sifat-sifat kemalaikatan. Tanpa harus menjauhkan diri dengan orang lain atau menyembunyikan diri dari kera maian dan hiruk pikuk dunia, tetapi jiwa tetap bersih, pikiran tetap jerni, kalbu tetap istiqamah dan khusuyuk, dan keluarga tetap utuh.

Namun segala keputusan yang diambil mencerminkan kematangan spiritual. Ia dengan penuh keyakinan tangguh mempertahankan prispnya tanpa bergeming sedikitpun pengaruh glamor dan daya tarik dunia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.