Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Sya’ban (4)

Dari al-Taibin Ke al-Tawwabin (3)

Jumat, 3 Maret 2023 06:25 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Inabah yang merupakan sifat dasar al-tawwabin, sesungguhnya menjadi ciri khas para wali dan para orang dekat Tuhan (muqarrabin). Hal ini didasarkan pada firman Allah dalam Al-Qur'an: “Wa ja’a bi qalbin salim (Dan dia datang dengan hati yang bertaubat). (QS. Qaf/50: 33).

Selain inabah juga dikenal istilah lain yaitu aubah merupakan sifat para Nabi dan Rasul, sebagaimana firmanNya: “Ni’mal ‘abd innahu awwab” (Dialah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat ta`at (kepada Tuhannya). (Q.S. Shad/35: 44).

Baca juga : Dari al-Taibin Ke al-Tawwabin (2)

Taubatnya para al-Tawwabin biasa juga disebut dengan taubat nashuha, yaitu taubat yang benar-benar dilandasi ketulusan hati secara murni, taubat yang tidak pernah mengulangi lagi perbuatan dosa yang sama selamanya. Yahya bin Mu’adz mengatakan: “Melakukan satu perbuatan dosa setelah taubat jauh lebih buruk dari pada melakukan 70 perbuatan dosa sebelum taubat.

Sementara menurut Dzun Nun al-Mishri berkata: Beristighfar dari dosa tanpa berusaha melepaskankan diri dari dosa itu adalah taubatnya para pendusta. Barangsiapa bertaubat, kemudian tidak membatalkan taubatnya, maka ia termasuk orang bahagia.

Baca juga : Menlu: Jangan Lupakan Pelanggaran HAM Dan Kekerasan Di Palestina

Jika ia membatalkannya sekali atau dua kali kemudian mengulanginya lagi, maka ia masih diharapkan tetap pada sikap taubatnya, sebab segala sesuatu telah ditetapkan ajalnya.

Diriwayatkan dari Abu Hafash al-Haddad, ia pernah berkata: “Dulu aku meninggalkan perbuatan begini sekali, lalu kemudian aku kembali lagi kepadanya. Kemudian aku meninggalkannya lagi dan tidak mengulanginya lagi.Syeikh Abu Ali ad-Daqaq mengatakan, ada sebagian murid bertaubat, lalu kemudian meninggalkan taubatnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.