Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Sya’ban (4)

Dari al-Taibin Ke al-Tawwabin (4)

Sabtu, 4 Maret 2023 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengarang al Haqaiq al Haqaiq mengingatkan bahwa seorang pendosa tidak sepantasnya putus asa dari rahmat Allah dalam menerima taubat mereka, walaupun dosa mereka banyak dan besar serta berulang-ulang membatalkan taubatnya dan bergelimang dalam dosa, sebab putus asa itu merupakan kesalahan fatal dan justru menjadi penyebab untuk semakin tenggelam dalam lumpur dosa selamanya.

Jika seseorang diperhadapkan dengan kondisi seperti ini, maka sebaiknya yakinkan dalam dirinya bahwa hal itu adalah tipu daya setan yang selalu mengha langi manusia untuk bertaubat dan selalu menggoda agar tetap melakukan dosa seumur hidup.

Baca juga : Dari al-Taibin Ke al-Tawwabin (2)

Obat dari penyakit seperti itu, ialah seorang pen dosa hendaknya merenungkan firman Allah: ”Wala taiasu min ruh Allah”. “Dan jangan kamu berpu tus asa dari rahmat Allah. ". (QS. Yusuf/12: 87). Katakanlah: "Hai hamba-hambaKu yang melam paui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.

Sesungguhnya Allah mengampuni dosadosa semuanya. (Q.S. Az Zumar/39: 87). Sesungguhnya Allah tidak mengam puni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan Dia mengampuni dosa yang selain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendakiNya. (Q.S. AnNisa/4: 116). Ayat-ayat dalam al Qur’an seperti ini sangat banyak.

Baca juga : Dari al-Taibin Ke al-Tawwabin (1)

Dalam hadis Nabi juga disebutkan bahwa: “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, katanya, ada dua ayat dalam Al-Qur’an, yang jika dibaca oleh orang berdosa, lalu memohon ampu nan kepada Allah, niscaya dosa-dosanya akan terampuni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.