Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Sya’ban (13)

“Masuklah Melalui Pintu Yang Berbeda-beda”

Selasa, 14 Maret 2023 06:40 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Ketika ia memanggil dan menerima saudara-saudaranya dalam suasana dramatis, nabi Yusuf tidak tergambar sedikitpun rasa dendam di wajahnya. Padahal merekalah yang pernah dengan keji melemparkannya masuk ke dasar sumur. Untung saja Yusuf dipungut oleh saudagar lalu dijual ke pembesar Mesir.

Baca juga : Mengeliminir Keserakahan (2)

Nabi Yusuf bahkan memberikan pernyataan yang sangat indah: ‘Dia (Yusuf) berkata: “Pada hari ini tak ada cercaan terhadap kamu, mudah-mudahan Allah mengampuni (kamu), dan Dia adalah Maha Penyayang di antara para penyayang.” (12:92).

Baca juga : Mengeliminir Keserakahan (1)

Kepribadian nabi Yusuf sangat dibutuhkan di dalam sebuah masyarakat yang mengalami krisis multi dimensi. Tidak perlu mencurahkan segenap waktu dan pikiran datang jauh-jauh belajar menyelesaikan krisis dari negara-negara lain. Konsep problem solving berbagai krisis sebenarnya sangat kaya di dalam Al-Qur’an. Hanya saja kita tidak mau serius mendalaminya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.