Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Qur’an (9)

Rahasia Pengulangan Iqra'

Jumat, 31 Maret 2023 05:55 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Iqra' ketiga dihubungkan dengan kesadaran intelektual (how to understand) terhadap ayat-ayat Al-Qur'an. Iqra' keempat dihubungkan dengan kesadaran keempat dihubungkan dengan kesadaran spiritual (How to meditate) terhadap kandungan suci Al-Qur'an. Sesungguhnya masih ada satu Iqra' (4) dalam ayat Iqra' wa Rabbuk al-Akram (Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah/Q.S. al-’Alaq/96:3), yang dapat dihubungkan dengan how to disclosure.

Kesadaran terakhir ini mungkin bisa disebut para auliya' dengan mukasyafah atu penyingkapan. Uraian lebih lanjut mengenai tingkatan dan realitas masing-masing Iqra' tersebut akan diuraikan dalam pembahasan mendatang.

Baca juga : Memahami Makna Esoterik Al-Qur’an

Mengenai jawaban Nabi: Ma ana bi qari' menarik juga untuk dianalisis. Sebagian ulama mempertahankan asumsi bahwa arti ma ana biqari' dari Nabi sebagai ungkapan jujur dari Nabi Muhammad SAW sebagai seorang yang buta huruf Al-Qur'an.

Secara semantik, kata qara'a yang kemudian membentuk qari' dan al-Qur'an, saat turunnya Al-Qur'an diartikan sebagai "membaca kitab suci". Nabi mengatakan ma ana bi qari' bukan berarti Nabi tidak bisa membaca alias buta huruf. Akan tetapi dimaksudkan sebagai: Ma ana bi qari' yakni "aku bukan bangsa pembaca Kitab Suci". Sejak awal, Jazirah Arab tidak pernah mendapatkan Kitab Suci dari Allah SWT.

Baca juga : Teomorfisme Al-Qur’an (2)

Masyarakat pembaca Kitab ada di sekitar Palestina, di mana Kitab Taurat dan Kitab Injil diturunkan. Membaca sesuatu selain kitab suci dalam tradisi masyarakat Arab dikenal beberapa istilah, antara lain kata tala-yatlu, digunakan pada saat membaca manuskrip (makhthuthat), membaca syair, dan lain-lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.