Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Qur'an (14):

Makna Iqra’ Keempat (2)

Selasa, 4 April 2023 06:22 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Orang-orang yang memiliki kemampuan seperti ini sudah barangtentu memiliki kemampuan untuk memahami rahasia-rahasia Tuhan.

Dari sini juga bisa difahami bahwa tebal tipisnya alam gaib tidak sama bagi setiap orang. Ada orang alam gaibnya sangat tebal sebaliknya ada orang yang alam gaibnya sangat tipis, bahkan transparan.

Baca juga : Makna Iqra’ Keempat (1)

Ilmu yang diperoleh melalui kemampuan kesadaran Iqra' keempat ini biasa disebut dengan "Ilmu Ladunni", sebagaimana diisyaratkan dalam Q.S. al-Kahfi: Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami. (Q.S. al-Kahfi/18:65). Yang bisa mengakses ilmu ini ternyata bukan hanya Nabi.

Bahkan dikisahkan Nabi Musa yang dikenal sebagai Nabi paling cerdas dalam Al-Qur'an terpaksa harus menyiapkan waktu amat lama untuk mempelajari ilmu ini. Ironisnya, ternyata gurunya ialah Khidhir, yang sama sekali tidak dikenal oleh siapapun warga sekitarnya sebagai seorang yang istimewa.

Baca juga : Makna Iqra’ Ketiga

Ia tidak lebih hanya seorang nelayan sederhana. Tetangganya pun tidak mengenalnya kalau ternyata ia seorang manusia luar biasa, di mana orang nomor satu di negeri itu mendatanginya untuk belajar.

Ini pesan untuk kita semua, hati-hati terhadap orang yang tidak populer, karena boleh jadi ia selebriti langit (ma'lum fi al-sma'). Boleh jadi ada selebriti di bumi (ma'lum fi al-ardh) tetapi tidak ada yang mengenalnya di langit.

Baca juga : Makna Iqra’ Pertama

Secara teknis, kalangan ulama berusaha merumuskan persyaratan-persyaratan teknis bagi orang-orang yang hendak mengakses Ilmu Ladunni, tetapi tentu saja itu menurut pengalaman pribadi hamba-hamba Tuhan yang memiliki kapasitas tertentu untuk merumuskan sejumlah pengalaman mistiknya di dalam menemukan Ilmu Ladunni. Dalam artikel berikut akan dikemukakan contoh kongkrit orang-orang yang pernah mengakses Ilmu Ladunni.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.