Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (2)

Halal Bihalal

Minggu, 30 April 2023 05:36 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sejak itu, Halal bihalal menjadi popular dan diterima semua pihak, karena berisi pesan integrasi bangsa.

Melalui acara Halal bihalal, jangan lagi ada dendam antara satu sama lain. Lapangkan dada dan hilangkan warna-warni perbedaan lokal di hadapan kebesaran Allah SWT.

Semuanya harus bersatu membangun bangsa Indonesia yang bermartabat dan tetap menjunjung tinggi religiusitas bangsa. Halal bihalal kemudian menjadi salah satu produk budaya Islam Indonesia dan sekaligus menjadi salah satu "produk ekspor" Indonesia ke mancanegara, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga : Makna Esoterik Silaturrahim

Di Malaysia, berawal dari perkebunan kelapa sawit, dengan jutaan WNI kita bekerja.

Setiap usai lebaran mereka berpindah-pindah dari blok ke blok perkebunan, biasanya berdasarkan asal daerah masing-masing.

Lama kelamaan tradisi ini berlangsung di kota-kota yang semula hanya menjadi arena silaturahmi antara sesama WNI, menjadi familiar di Malaysia dan Brunei.

Baca juga : Allah, Rab, Ilah, dan Asma’ al-Husna (2)

Hal yang sama terjadi juga di negara-negara lain, termasuk di Riyadh, dan Kuwait.

Ketika Presiden Obama di AS memperkenalkan spirit Halal bihalal ini di Gedung Putih, setiap Hari Raya Idul Fitri, tradisi ini kemudian dikenal luas di AS.

Bahkan dalam masa pemerintahannya, Pemerintah New York State mengumumkan liburan resmi setiap Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

Baca juga : Memahami Makna dan Hakekat Basmalah (5), Allah, Rab, Ilah, dan Asma’ al-Husna (1)

Halal bihalal kini semakin membudaya di Indonesia. Hampir setiap kantor pemerintah dan swasta melakukan tradisi Halal bihalal, setelah para karyawan kembali dari mudiknya.

Cost-nya tidak terlalu mahal tetapi memiliki makna batin yang luar biasa. Solidaritas dan semangat kerja bisa dibangkitkan kembali melalui momentum Halal bihalal.

Terjalin kembali tali silaturahmi antara pimpinan tertinggi sampai karyawan paling rendah di dalam kantor. Subhanallah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.