Dark/Light Mode

Mungkinkah Anies Kesulitan Dapat Tiket Capres?

Minggu, 7 Mei 2023 06:58 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

 Sebelumnya 
Dalam dua hari terakhir, podcast Akbar Faizal mengangkat isu nasib Anies Baswedan dalam Koalisi Perubahan. Dua mantan petinggi NasDem ditampilkan dalam bincang-bincang pertama; yang kedua, Akbar Faizal berhasil berdiskusi dengan Amien Rais, Ketua Umum Partai Ummat; juga menyinggung soal nasib Anies Baswedan. Semuanya mengangkat kemungkinan hengkangnya Anies Baswedan sebagai capres dalam Koalisi Perubahan. Kenapa? Karena pada akhirnya Anies mungkin tidak dapat tiket dari Surya Paloh. Penentuan siapa cawapres saja sampai hari ini masih “ruwet”. Tim kecil yang dibentuk lima minggu yang lalu untuk menentukan cawapres, sampai sekarang masih deadlock. AHY seolah sudah harga mati untuk menjadi cawapres Anies; tapi politisi PKS tidak mau kalah. Paloh mengaku tidak mau memaksakan Anies, biar Anies sendiri yang pilih dari lima cawapres yang sudah ditetapkan Tim Kecil.

Baca juga : Nasib Prabowo Setelah Ganjar Capres PDIP

Sementara itu, Presiden Jokowi kabarnya terus memantau secara saksama apa yang bakal terjadi di kantor Pusat NasDem di jalan Gondangdia Raya. Memantau sambil bersiap-siap dengan “pisau reshuffle” yang bisa saja dilayangkan Jokowi jika aspirasinya tidak dipenuhi oleh Paloh? ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.