Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (10)

Bersilaturahmi Dengan Air

Selasa, 9 Mei 2023 05:40 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Hal yang mirip juga pernah diungkapkan Prof Von Omar Rolf Ehrenfels, seorang neurolog dan sekaligus psikiater, dalam artikelnya berjudul: “Die Symbolik im Islam”.

Dia menemukan bahwa pada peristiwa ini daya tubuh itu dipengaruhi beberapa gerak, sikap, dan perlakuan tertentu pada muka, tangan, dan kaki.

Penyucian anggota badan itu akan menghentikan pusat saraf dari kelelahan dan kegelisahan.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Alam Makrokosmos

Hal ini penting bagi setiap orang yang ingin mencapai pemusatan pikiran atau yang ingin dengan khusyuk memusatkan pikirannya. Pusat-pusat syaraf di sebelah dahi, tangan, dan kaki sangat peka.

Kebenaran ini telah dibuktikan oleh ilmu kedokteran modern. Kita harus membersihkan bagian-bagian badan tersebut dengan mencucinya menurut cara yang yang disyaratkan oleh Islam.

Dengan demikian, hal itu dapat menenteramkan kepekaan dan membuat selaras dengan pusat kesadaran kita.

Baca juga : Silaturahmi Antar Umat Beragama

Apabila yang demikian itu dilakukan maka pengaruh kesadaran dari luar jadi meresap ke dalam, sehingga terganggulah keheningan konsentrasi kita di dalam shalat.

Untuk mencapai konsentrasi dan kekhusyukan beribadah diperlukan kondisi turun gelombang energi otak turun dari Beta ke Alpha.

Seperti diketahui gelombang energi otak itu dibagi atas empat kategori, yaitu Beta (13-28 CPS), Alpha (7-13 CPS), Theta (3,5-7 CPS), dan Delta (0,5-3.5 CPS).

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Orang Yang Sudah Wafat

Di sinilah salahsatu fungsi dan rahasia wudhu untuk menciptakan kondisi hening (thuma’ninah) dalam rangka penyempurnaan shalat dan ibadah-ibadah lain. Subhanallah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.