Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (11)

Bersilaturahmi Dengan Burung

Rabu, 10 Mei 2023 05:39 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sebuah kerajaan yang dipimpin seorang ratu (Ratu Balqis) dan berhasil mengantar bangsanya menjadi negeri indah penuh pengampunan Tuhan (baldatun thayyibah wa Rabbun gafur).

Ratu Balqis juga mendapatkan gelar “pemilik singgasana besar” (laha ‘arsyun ‘adhim). Kedua prestasi ini belum pernah terulang di dalam sejarah.

Kejujuran burung Hud-hud dalam menceritakan pengalamannya maka Tuhan memberikan kepercayaan burung Hud-hud itu untuk mengantar surat Nabi Sulaiman kepada Ratu Balqis.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Air

Isi surat Nabi Sulaiman singkat: Akhirnya si burung Hud-hud meletakkan surat itu tepat di atas dada Ratu Balqis. Dalam suasana kaget, ia memanggil para pembesarnya untuk mendiskusikan peristwa baru saja dialaminya:

Wahai para pembesar berilah aku pertimbangan dalam urusan ini, aku tidak pernah memutuskan sesuatu persoalan sebelum kalian berada di dalam majlisku (27:32).

Berkat kearifan dan kecerdasan yang dimiliki perempuan ratu ini, maka strateginya betul-betul membuat Nabi Sulaiman berpikir berat.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Alam Makrokosmos

Namun, pada akhirnya Nabi Sulaiman atas izin Allah SWT berhasil mengendalikan situasi bahkan berhasil menggabungkan dua negeri adidaya tersebut.

Ketika Nabi dikepung di Gua Tsaur, salah satu binatang yang berjasa di sana ialah burung merpati yang bertelur dan mengerami telurnya di mulut gua, untuk ikut meyakinkan orang yang mencari Nabi Muhammad bahwa tidak mungkin ada orang yang baru masuk di dalam gua ini, karena ada sejumlah burung merpati dengan tenang mengerami telurnya.

Pada saat bersamaan laba-laba juga sibuk membuat sarangnya di mulut gua. Ini membuktikan bahwa manusia bisa saling menguntungkan kerja sama dengan burung.

Baca juga : Silaturahmi Antar Umat Beragama

Banyak sekali orang memelihara burung dan seolah saling merindukan satu sama lain. Ini semua membuktikan perlunya silaturahmi dengan burung. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.