Dark/Light Mode

Menggagas Fikih Siyasah Indonesia (8)

Pengalaman Suksesi Ali ibn Abi Thalib

Kamis, 25 Mei 2023 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Demikian seterusnya sampai daulat Umayyah ditaklukkan oleh Daulat Abbasyiah yang juga menganut sistem monarki.

Dari cuplikan sejarah di atas dapat difahami bahwa Islam sepertinya tidak memiliki suatu sistem yang baku di dalam hal penentuan siapa sumber dan pelaksana kekuasaan, apa dasarnya, bagaimana cara menentukan.

Baca juga : Pengalaman Suksesi Utsman ibn `Affan

Juga, kepada siapa kewenangan melaksanakan kekuasaan itu diberikan, kepada siapa pelaksana itu bertanggung jawab, dan bagaimana bentuk tanggung jawabnya.

Pertanyaan seperti ini ditambah dengan pengalaman sejarah Nabi dan para sahabat dan penerusnya mempersulit setiap orang yang akan memikirkan sebuah konsep negara Islam. Sejarah suksesi dalam Islam tidak linial dan tidak tunggal melainkan beragam.

Baca juga : Pengalaman Suksesi Umar Ibn Khattab

Tidak adanya penjelasan apalagi ketegasan mengenai suksesi di dalam Islam menjadi isyarat bahwa urusan suksesi adalah masalah kontemporer dan terkait dengan objektivitas perkembangan masyarakat.

Masalah suksesi dapat dikategorikan sebagai urusan duniawi yang dalam penyelesaiannya Nabi pernah mengatakan:

Baca juga : Pengalaman Suksesi Abu Bakar

Antum a’lamu bi umuri dunyakum (kalian lebih tahu menyangkut urusan keduniaannya). Siapa tahu dan kita berharap, Indonesia bisa menyumbangkan model suksesi yang ideal bagi setiap negara, khususnya negara-negara muslim.

Kredibilitas pemilu yang akan datang akan ikut menentukan obsesi itu. Selamat berpesta demokrasi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.