Dark/Light Mode

Menggagas Fikih Siyasah Indonesia (21)

NKRI Sebagai Sebuah Model (2)

Minggu, 11 Juni 2023 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhlak mulia tidak hanya diperuntukkan kepada sesama umat Islam, tetapi juga ke­pada dunia kemanusiaan, tanpa membedakan agama, etnik, jenis kelamin, warna kulit, dan kewarganegaraan.

Di dalam Al-Qur’an ditegaskan: “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam”. (Q.S. Al-Isra’/17:70).

Dalam ayat ini Allah SWT menggunakan istilah karrama, bukan faddhala. Artinya, siapa pun yang merasa anak cucu Adam wajib hukumnya untuk dimuliakan.

Baca juga : NKRI Sebagai Sebuah Model (1)

Nabi pernah menegaskan: “Barangsiapa yang mendhalimi seorang mu’ahhad (kelompok minoritas yang mempunyai perjanjian damai dengan ke­lompok mayoritas muslim) atau meremehkan mereka, memberikan beban di luar kesanggu­pan mereka, mengambil hak-hak mereka tanpa persetujuan mereka, maka saya akan men­jadi lawannya kelak di hari kemudian”. (Hadis Riwayat Abi Daud).

Untuk urusan kemanusiaan, Nabi tidak membedakan iden­titas dan atribut jenis kelamin, suku, bangsa, budaya, bahasa, dan bahkan agama.

Seolah-olah Nabi memberikan pesan bahwa kemanusiaan itu hanya satu (humanity is only one).

Baca juga : Bolehkah Non-Muslim Menjadi Kepala Negara? (Pendapat Ketiga)

Sikap Nabi tersebut di atas sejalan dengan penegasan Allah di dalam Al-Qur’an:

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam”. (Q.S. Al-Isra’/17:70).

Apa pun etnik dan agamanya, baik dari kelompok mayoritas maupun minoritas, selama ia masih mengaku anak-cucu Adam, wajib untuk dimuliakan.

Baca juga : Bolehkah Non-Muslim Menjadi Kepala Negara? (Pendapat Kedua)

Manusia memiliki apa yang disebut dengan al-huquq al-adamy (hak-hak keadaman), yang sepadan dengan istilah Hak-hak Asasi manusia (HAM) sekarang ini.

Hal ini juga sejalan dengan penegasan Allah dalam ayat lain:

“Barangsiapa yang mem­bunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia selu­ruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”. (Q.S. al- Maidah/5:32).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.