Dark/Light Mode

Analisis ASOCA, Geostrategi Memperkuat Pemimpin Cerdas

Jumat, 28 Juli 2023 06:31 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Juni lalu, menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) dengan tujuan untuk melakukan inventarisasi isu strategis di Pemerintah Daerah. Hal ini untuk memastikan sinkronisasi kebijakan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, sehingga dampaknya dapat dirasakan dengan lebih cepat dan luas.

Baca juga : Pesan Geopolitik Indonesia Menjaga Dunia

Rakor tersebut sekaligus menandakan bahwa tata kelola pemerintahan harus lebih efektif. Efektivitas ini harus dimulai dari jajaran Pemerintahan tingkat bawah, menengah, dan atas. Maka ada yang bisa direfleksikan dari sini bahwa dalam skala luas dan mendalam, menyangkut perspektif geostrategi, esensi utama manajemen pemerintahan menjadi faktor penting yang mempengaruhi arah dan kebijakan suatu negara.

Baca juga : Memilih Pemimpin Berpengetahuan Geopolitik Dan Geostrategi Indonesia

Untuk itu dibutuhkan satu dokumen yang komprehensif. Dan dokumen ini menjadi metode pemikiran dan analisis ketika masuk konteks geopolitik dan geostrategi, disebut ASOCA. ASOCA adalah: Ability (kemampuan), Strength (kekuatan), Opportunities (peluang), Culture (budaya), dan Agility (kecerdasan).

Baca juga : Koalisi Tergantung Pemilihan Cawapres

Sinergitas elemen-elemen ASOCA itu sangat penting dalam menemukan strategi pemecahan masalah, pengambilan putusan, dan dapat dikembangkan dalam mengikuti perubahan, perkembangan zaman, dan serta kebutuhan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.