Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Memilih Pemimpin Berpengetahuan Geopolitik Dan Geostrategi Indonesia

Senin, 24 Juli 2023 14:07 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia, telah menyampaikan berbagai pemikiran terhadap konsepsi geopolitik, geostrategi, etika pemerintahan, maupun tentang kepemimpinan.

Semua itu dipadatkan menjadi visi bangsa yang sangat penting bagi perjalanan sejarah Indonesia.

Baca juga : Pemuda Dorong Optimalisasi Cadangan Migas Indonesia

Seorang visioner yang jernih, semacam Bung Karno, sepertinya tahu bahwa ke depan untuk membangun sebuah bangsa dan negara, dibutuhkan sebuah struktur pemikiran yang tidak gampang rapuh.

Bahan-bahan pondasi kebangsaan yang diletakannya itu bersemayam pada pengertian geopolitik dan geostrategi, juga pada pengertian etika peme­rintahan.

Baca juga : Kece Banget! Stasiun KA Cepat Dihias Motif Khas Indonesia

Dalam pengertian geopolitik itulah, antara lain, ada analisis tentang bagaimana kekuatan dan negara bersaing untuk pengaruh, juga kontrol terhadap wilayah-wilayah strategis.

Adapun gesotrategi, berfokus pada perencanaan dan pelaksanaan strategi politik, militer, dan ekonomi berdasarkan aspek geografis. Hal ini mencakup penentuan jalur tindakan yang optimal untuk mencapai tujuan-tujuan ­nasional melalui pemanfaatan aset geografis negara.

Baca juga : Idris Laena Puji Kinerja Positif Semen Indonesia

Sedangkan etika pemerin­tahan, adalah kepastian peme­rintah bertindak secara adil, jujur, transparan, dan ber­tanggung jawab dalam me­layani kepen­tingan publik.

Oleh karena itulah ­mengapa hubungan geopolitik dan geostrategi dengan etika peme­rin­tahan, yang merupakan perpaduan kompleks antara pertimbangan strategis, nilai-nilai moral, dan tanggung jawab so­sial –dapat menjadi panduan bagi pemerintah dalam mengambil keputusan yang bertanggung jawab dan bermanfaat bagi seluruh warga Indonesia (dan umat manusia).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.