Dark/Light Mode

Menggagas Fikih Siyasah Indonesia (85)

Mewaspadai Upaya Desunnisasi Umat

Rabu, 30 Agustus 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Indonesia pasca reformasi memang seperti lahan subur untuk tumbuhnya ormas-ormas keagamaan, khususnya Islam.

Pada zaman Orde Baru, syarat untuk menjadi ormas sedemikian ketatnya sehingga pertumbuhan Ormas saat itu relatif sangat lamban. Akan tetapi, pasca reformasi (1998) pertumbuhan Ormas Islam sangat pesat.

Baca juga : Menjadikan Agama Sebagai Sendi Peradaban

Hampir tidak satu pun pemohon yang ditolak saat mengajukan permohonan sebagai Ormas Islam resmi. Tidak saja sampai di situ, mereka pun bebas sebebas-bebasnya melakukan aktifitas, termasuk menerbitkan media-media publik seperti mendirikan radio,TV berbayar, media sosial, menerbitkan media-media cetak seperti surat kabar, tabloid, dan majalah.

Mereka juga sedemikian bebas mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, baik formal, informal, maupun nonformal, sampai ke Perguruan Tinggi.

Baca juga : Politik Santun

Di antara berbagai komunitas tersebut, baik yang berbasis ormas Islam resmi maupun yang tidak resmi, ada yang sadar atau tidak sadar mengembangkan ajaran dan pemahaman yang sesungguhnya tidak sejalan dengan garis NKRI yang menjadi wadah kenegaraan tunggal bangsa Indonesia.

Jika komunitas tersebut sebebas-bebasnya mengembangkan ajaran tanpa memperhatikan landasan moral dan etika bangsa, maka tidak mustahil akan mewariskan PR kebangsaan yang rumit di masa depan. Sebagai komunitas paling berjasa di dalam mendirikan republik ini, maka Islam Sunni tidak bisa dibiarkan terus menerus tergerus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.