Dark/Light Mode

17 Agustus Dalam Dimensi Geopolitik Dan Geostrategi

Rabu, 16 Agustus 2023 06:39 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka -
Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia

Potongan lirik lagu 17 Agustus itu memperjelas betapa kemderdekaan adalah kepastian. Bangsa yang dimulai dengan kepastian, maka menyemai kebahagiaan “Selama hayat masih di kandung badan.”

Baca juga : Memperkuat Etika Pemerintahan Dalam Memilih Pemimpin

Bung Karno mengemasnya dalam kalimat yang lebih tandas: “Sekali Merdeka tetap Merdeka”! Kucetus semboyan: “Kita cinta damai, tetapi kita lebih cinta Kemerdekaan”.

Semboyan itu sekaligus memberitahukan: bahagia atau kebahagiaan, jauh lebih berharga ketimbang damai atau perdamaian. Karena itu kemerdekaan adalah kebahagiaan. Kebahagiaan dalam konteks ini merujuk karena individu ­punya kebebasan untuk membuat pilihan, mengejar tujuan pribadi, dan mengambil keputusan. Ada makna kebebasan berbicara, beragama, bergerak, dan bebas melakukan pilihan hidup yang diinginkan.

Baca juga : Indonesia Siap Hadapi Ketidakpastian Geopolitik Dunia

Indonesia sejak merdeka menye­diakan semua itu. Maka kemerdekaan yang dijalani setiap warga negara selalu dengan tanggung jawab dan penghargaan terhadap hak-hak orang lain. Dengan demikian Indonesia yang membahagiakan selalu memberikan kontribusi positif baik pada kebahagiaan individu maupun kondisi damai dalam masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.