Dark/Light Mode

Catatan Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Kenji Kanasugi

Jawa Barat, Asal Mula Kerja Sama Jepang Dan Indonesia

Rabu, 30 Agustus 2023 07:40 WIB
Kenji Kanasugi
Kenji Kanasugi
Duta Besar Jepang Untuk Indonesia

 Sebelumnya 
Kepemimpinan Indonesia yang ditunjukkan ketika menjadi Presidensi G20 tahun lalu, mungkin juga merupakan hal yang diwariskan dari KAA. Tahun ini Indonesia memegang tampuk Keketuaan ASEAN, dan saya menaruh harapan pada kiprah kepemimpinan Indonesia.

Tentu saja, Bandung tidak hanya dikenal karena KAA. Banyak orang Jepang mengenal Bandung sebagai kota kuliner, dan kerap dikatakan bahwa kuliner di Bandung hanya memiliki dua kategori: enak dan enak sekali. Selain itu, Kota Parahyangan juga dikenal sebagai trend setter bagi fesyen dan musik.

Baca juga : Sowan Ke Medan, Bidik Kerja Sama Pendidikan Pariwisata

Saya juga mendengar dari Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN, bahwa sepatu kulit berkualitas tinggi dari Bandung populer hingga ke toko-toko kelas atas di Jepang.

Selain itu, Provinsi Jawa Barat juga memiliki tempat penting yang sangat berpengaruh pada hubungan persahabatan kedua negara.

Baca juga : Ikut Jokowi Ke Afrika, Pertamina Kerja Sama Dengan Perusahaan Energi Kenya

Saat ini, terdapat sekitar 710.000 orang yang belajar Bahasa Jepang di Indonesia, terbesar kedua setelah China. Orang Indonesia yang memiliki ketertarikan pada Bahasa Jepang dan mempelajarinya adalah jembatan penghubung antara kedua negara yang sesungguhnya.

Ketika saya bertemu para alumni pelajar Indonesia di Jepang saat melakukan kunjungan ke Bandung tahun lalu, saya mendengar bahwa jurusan Bahasa Jepang pertama di Indonesia didirikan di Universitas Padjadjaran tahun 1963. Hanya lima tahun setelah terbentuknya hubungan diplomatik antara kedua negara.

Baca juga : PYCH Gelar Gebyar Kemerdekaan Dari Papua Untuk Indonesia Di Lapangan Banteng

Universitas Padjadjaran (Unpad) dianggap sebagai perintis jurusan Bahasa Jepang di Indonesia. Lulusannya banyak yang berkiprah sebagai pengajar pada jurusan Bahasa Jepang di berbagai daerah di Indonesia, serta menghasilkan sumber daya yang menjadi jembatan penghubung antara kedua negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.