Dark/Light Mode

Menggagas Fikih Siyasah Indonesia (91)

Mencontoh Ketegasan Umar Ibn Abdul Aziz Terhadap Korupsi

Selasa, 12 September 2023 05:58 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Pengalaman ini menarik untuk dijadikan renungan, bahwa betapa banyak rumah jabatan atau rumah dinas yang sesungguhnya dimaksudkan untuk mempermudah mengu­rus urusan masyarakat dan kenegaraan.

Jika rumah jabatan dengan segala macam fasilitasnya yang disediakan oleh negara lantas lebih ­banyak digunakan untuk kepen­tingan pribadi atau keluarga, apalagi diserahkan kepada orang lain atau keluarganya menempati­nya, maka ­sungguh berten­tangan dengan apa yang di­alami Khalifah Umar Ibn Abdul Aziz.

Baca juga : Mencontoh Ketegasan Umar Ibn Khathab Terhadap Korupsi

Seandainya ada pilihan, lebih baik menggunakan rumah pribadi untuk mengurus negara ketimbang menggunakan rumah negara untuk kepentingan pribadi. Ini rumah jabatan, apa lagi kantor.

Jika fasilitas Negara yang ada di kantor dan di rumah jabatan digunakan untuk kepen­tingan pribadi, keluarga, atau golongan, maka pertanggung jawabannya di dunia apalagi di akhirat, tentu sangat beresiko.

Baca juga : Mencontoh Ketegasan Nabi Terhadap Korupsi (2)

Mungkin seseorang bisa saja merekayasa pengeluaran di kantor atau di rumah dinas sehingga tidak terlacak ada pelanggaran di mata inspek­torat atau BPK dan KPK, tetapi mata Allah SWT pasti tidak bisa dibohongi. Jangan sampai kenikmatan sesaat tetapi akibatnya harus ditebus di dalam neraka selama bertahun-tahun.

Kini kita memerlukan pribadi dua Umar, yaitu umar ibn Khathab dan Umar ibn Abdul Aziz, yang kedua-duanya anti korupsi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.