Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (22)

Relasi Tuhan Dan Alam: Keberadaan Tuhan (4): Perspektif Islam (4)

Sabtu, 7 Oktober 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Yang pasti ialah tidak ada yang mengenal lebih jelas siapa Tuhan selain diri-Nya. Kita mengenal seolah dua pengertian Tuhan, yaitu Tuhan hakiki dan Tuhan dalam konsep manusia. Tuhan hakiki kita tidak bisa mendefinisikannya. Tuhan yang kita bicarakan sekarang Tuhan dalam konsep manusia.

Realitas Tuhan jauh di atas realitas manusia. Zat Yang Maha Mutlak tidak bisa ditampung oleh zat yang relatif. Bukan Tuhan kikir tidak mau memperkenalkan diri-Nya kepada kita tetapi seperti kata Jalaluddin Rumi: “Apalah arti sebuah cangkir untuk menampung samudra”. Memori kita terlalu kecil untuk meng-attach Zat Yang Maha Besar. Kita tidak mungkin mengenal Tuhan dalam diri-Nya sendiri, tetapi hanya sejauh Tuhan meng­ungkapkan diri-Nya melalui alam raya, yang dikataka-Nya sebagai ayat yang harus dibaca bagi mereka yang ingin menge­nali diri-Nya.

Baca juga : Relasi Tuhan dan Alam: Keberadaan Tuhan (3): Perspektif Islam (3)

Isyarat lain seperti dikatakan Rasulullah, “barangsiapa yang menegenali dirinya maka ia akan mengenali Tuhannya” (man ‘arafa nafsahu paqad ‘arafa Rabbahu). Membaca atau menyadari diri dengan penuh penghayatan maka kita berpotensi lebih mengenal Diri-nya. Ini sesuai ­dengan ayat Al-Qur’an: “Kami akan memperlihatkan kepada ­mereka tanda-tanda Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri”. (Q.S. Fushshilat/41:53).

Dari berbagai pandangan tentang konsep Ketuhanan yang Maha Esa yang sedemi­kian kompleks, maka memang tidak selayaknya kita dengan begitu gampang saling menafikan, saling memusyrikkan, atau saling mengkafirkan satu sama lain. Kehadiran agama yang bermacam-macam yang sama-sama menyembah Tuhan Yang Maha Kuasa boleh jadi sesungguhnya lebih ­banyak dibedakan oleh persoalan semantic dan hermeneutic.

Baca juga : Relasi Tuhan dan Alam: Keberadaan Tuhan (2): Perspektif Islam (2)

Jika dirunut dan dianalisis secara mendalam maka boleh jadi hubungan antara satu agama dengan agama lain akan semakin dekat dan lebih dekat lagi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.