Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (22)

Relasi Tuhan Dan Alam: Keberadaan Tuhan (4): Perspektif Islam (4)

Sabtu, 7 Oktober 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Allah SWT pernah mengingatkan kita: Ta’alau ila kalimatin sawa’ (Mari berpegang kepada kalimat yang sama (equitable proposition) (Q.S. Ali ‘Imran/3:64). Jika kita semua berpegang kepada ayat ini banyak per­soalan bisa diselesaikan dengan mudah di negeri ter­cinta ini. Ketuhanan Yang Maha Esa di dalam konteks Pancasil bisa menerima semua konsep yang dibicarakan di atas. Mungkin para perumusnya tidak pernah membayangkan bahwa redaksi yang irumuskannya itu adalah sebuah rumusan yang amat fleksibel dan sangat sesuai dengan kondisi obyektif masyarakat Indonesia yang plural dan heterogen.

Baca juga : Relasi Tuhan dan Alam: Keberadaan Tuhan (3): Perspektif Islam (3)

Keberadaan Tuhan yang demikian rumit, terutama dikaitkan dengan makhluknya, maka sedemikian yakin pula kita memahami bahwa Tuhan dan alam semesta tidak bisa dipisahkan. Tidak ada artinya kita berbicara tentang alam semesta tanpa berbicara tentang Tuhan sebagai Sang Prima Kausa. Alam akan rusak dan pada akhirnya akan musnah, manakala kita membahas alam semesta dengan segala macam program eksploitasi di dalamnya, tanpa dihubungkan dengan Sang Penciptanya. Pada akhirnya manusia akan akan mengalami kenistaan manakala memperlakukan alam semesta ini hanya sebagai obyek semata.

Baca juga : Relasi Tuhan dan Alam: Keberadaan Tuhan (2): Perspektif Islam (2)

Berbagai agama di dunia ini menyerukan kepada para penganutnya agar berhati-hati mengelola alam semesta ini. Cepat atau lambatnya dunia ini kiamat yang diawali ­dengan kerusakan alam semesta ini ditentukan oleh tangan-­tangan manusia. Jangan meng­gunakan tangan jahinya di dalam menge­lola ala mini jika kita ingin selamat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.