Dark/Light Mode

Dinamika Pergeseran Geopolitik Ke Asia Timur

Kamis, 12 Oktober 2023 06:52 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Dominasi Eropa (Barat), pelan-pelan longsor. Kini, per­geseran geopolitik terjadi ke Asia (Timur). Pergeseran geo­politik global ke arah Asia Timur, menjadi tren penting da­lam dinamika geopolitik pada abad ke-21.

Tanda-tanda terjadinya pergeseran geopolitik ke Asia Timur, dapat dilihat dari berbagai indikator dan peristiwa yang mencerminkan perubahan dalam dinamika politik, ekonomi, dan militer di kawasan ini.

Baca juga : Implementasi ASOCA Menuju Pemilu Transparan

Salah satu tanda paling jelas adalah pertumbuhan ekonomi yang pesat di beberapa negara kawasan ini. China, sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia, telah memainkan peran sentral dalam pertumbuhan ekonomi Asia Timur. Selain itu, negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan juga memiliki ekonomi yang kuat. Pertumbuhan ekonomi yang kuat ini mengubah keseimbangan kekuatan ekonomi dunia.

Termasuk pula terhadap per­kembangan teknologi dan inovasi, di mana telah meng­angkat negara-negara di kawasan ini sebagai pemimpin dalam ber­bagai sektor, antara lain tek­nologi informasi, manufaktur, dan ­energi terbarukan. Keunggulan teknologi ini memberi mereka daya saing yang lebih besar di pasar global.

Baca juga : Mewaspadai Serangan Siber Dalam Geopolitik

Belum lagi untuk kekuatan ­militer yang tumbuh ­pula. ­Beberapa negara di Asia Timur telah meningkatkan ­anggaran pertahanan dan kemampuan ­militer mereka. China, khususnya, telah melakukan ­mo­dernisasi besar-besaran pada militernya. Karuan saja ini memainkan ­peran yang semakin dominan dalam dinamika keamanan regional.

Sehubungan dengan ini aliansi dan kemitraan regional di Asia Timur semakin menguat. Orga­nisasi seperti ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara), ASEAN+3, dan kerja sama regional lainnya telah memperkuat integrasi ekonomi dan keamanan di kawasan ini. Selain itu, perjanjian perdagangan seperti RCEP (Perjanjian Regional Komprehensif Ekonomi) mencerminkan upaya untuk memperkuat hubungan ekonomi di Asia Timur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.