Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (36)

Asal Usul Alam Semesta: Air (1)

Sabtu, 21 Oktober 2023 05:52 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kalangan filsuf Yunani ada yang berpendapat bahwa asal usul alam semesta bukan atom atau benda yang lebih kecil dari atom yaitu atom, elekron, proton, dan neutron, tetapi berasal dari air. Tokoh yang mem­perkenalkan pendapat ini ialah seorang filsuf Yunani, yaitu Thales (625-545 SM). Pendapat ini didukung sejumlah ilmuan lain, termasuk kalangan ilmuan Islam, karena memang ada ­beberapa ayat dan hadis mengisyaratkan kemungkinan itu.

Thales adalah seorang filsuf yang mengawali sejarah filsafat Barat pada abad ke-6 SM. Ia salah seorang dari tujuh filsuf terkemuka pada masanya, yang oleh Aristoteles diberi gelar ‹filsuf yang pertama›. Ia diberi gelar oleh Aristoteles sebagai ‘filsuf yang pertama’. 

Baca juga : Benarkah Atom Asal-Usul Alam Semesta?

Selain filsuf sebagai filsuf ia juga dikenal seba­gai ahli geometri, astro­nomi, dan politik. Ia bersama Anaximandros dan Anaximenes digolongkan ke dalam mazhab Miletos.

Di antara pendapat Thales yang terkenal ialah ia menya­takan air adalah prinsip dasar (arche) terjadinya alam semesta. Air menjadi pangkal, pokok, dan dasar dari segala-galanya yang ada di alam semesta.

Baca juga : Asal-Usul Alam Semesta: Atom (3)

 Berkat kekuatan dan daya kreatifnya sendiri, tanpa ada sebab-sebab di luar diri­nya, air mampu tampil dalam segala bentuk, bersifat mantap, dan tak terbinasakan. Menurut Thales air sebagai sumber ­kehidupan. ­

Argumentasi Thales terhadap pandangan tersebut adalah bagai­mana ­bahan makanan semua ­makhluk hidup mengan­dung air dan bagaimana semua makhluk ­hidup juga me­merlukan air ­untuk hidup. Selain itu, air ada­lah zat yang dapat berubah-ubah bentuk (padat, cair, dan gas) tanpa menjadi berkurang.

Baca juga : Asal-Usul Alam Semesta: Atom (2)

Ia juga mengemukakan pan­dangan bahwa bumi terletak di atas air. Bumi dipandang sebagai bahan yang satu kali keluar dari laut dan kemudian terapung-apung di atasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.