Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (26)

Relasi Tuhan Dan Alam: Keberadaan Tuhan (7): Perspektif Agama Hindu (2)

Selasa, 10 Oktober 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan selanjutnya manusia sudah mengindentifikasi kekuatan-kekuatan alam mana yang paling berpengaruh, lalu muncul faham animisme yang secara edvance mengambil puncak-puncak kekuatan alam sebagai obyek dan sekaligus media untuk menyalurkan kepuasan dan spiritual desire mereka. Dari sinilah muncul faham Animisme yang menganggap alam ini memiliki kekuatan-kekuatan magis yang dapat membantu manusia di dalam menyelesaikan masalahnya dan sekaligus untuk menyalurkan spiritual desire mereka.

Baca juga : Relasi Tuhan dan Alam: Keberadaan Tuhan (6): Perspektif Hindu (1)

Perkembangan selanjutnya, manusia melakukan verifikasi kekuatan-kekuatan mistis pada alam semesta. Mereka menyalurkan respek dan pengabdian mereka dibatasi hanya kepada kekuatan-kekuatan alam tertentu yang dapat mewakili keberadaan kekuatan magis yang ada di alam lain. Dari sinilah muncul faham Dinamisme, sebuah faham yang ”menyeleksi” sumber-sumber yang bisa melahirkan kekuatan luar biasa. Beban spiritual manusia tidak lagi terpecah kepada alam tanpa batas tetapi sudah terbatas pada ”perwakilan” tuhan-tuhan yang ada selama ini.

Baca juga : Relasi Tuhan dan Alam: Keberadaan Tuhan (5): Perspektif Kristen

Lambat lain, seiring dengan progres perkembangan anak manusia yang semakin mampu menggunakan potensi kecerdasan di dalam dirinya, maka pemahaman keagamaan manusia terhadap alam semmesta semakin meningkat. Manusia sudah meninggalkan faham animisme dan dinamisme, kemudian sampai kepada monoteisme, yang menganggap alam dan manusia sebagai sama-sama makhluk Tuhan yang harus tunduk dan mengabdi kepada-Nya. Faham ini mengingatkan kita kepada faham Panteisme, yang menganggap alam semesta tidak lain adalah emanasi Tuhan, dan dengan demikian ala mini sedah barangtentu suci sesuci dengan Sang Tuhannyang juga Maha Esa. Penuhanan terhadap seluruh benda dalam alam semesta, baik yang berupa alam nyata maupum dalam alam gaib, sudah mulai ditinggalkan. Tuhan tidak bersemayam di dalam alam tetapi Sang Pencipta dan sekaligus Penguasa alam semesta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.