Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (45)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Binatang

Senin, 30 Oktober 2023 00:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Suatu ketika sufi Rabi’ah Adawiyah, bercanda dengan berbagai burung dan binatang liar. Tiba-tiba dari kejauhan muncul Hasan Basri, yang sesungguhnya juga seorang sufi, maka satu persatu binatang dan dan burung-burung itu menjauh. Hasan Basri merasa sedih dan bertanya kepada sahabatnya, Rabi’ah Adawiyah: “Mengapa mereka menjauh dari saya?” Rabi’ah menjawab: “Saya tidak tahu, mungkin di dalam perut anda ada daging burung atau binatang”. Lalu dijawab oleh Hasan Basri: “Sudah lama perut ini tidak pernah aku jadikan kuburan”, maksudnya tidak pernah lagi mengonsumsi daging. Dijawab oleh Rabi’ah Adawiyah: “Tidak mungkin. Coba anda ingat, mungkin anda lupa”. Akhirnya Hasan Basri sadar bahwa minyak sisa penggorengan di rumahnya yang pernah digunakan menggoreng daging oleh anggota keluarganya digunakan lagi untuk menggoreng makanan vegetariannya. Lalu Rabi’ah Adawiyah menjawab, ya itulah penyebabnya mereka menjauh dari anda.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Tanaman

Rabi’ah Adawiyah salah seorang sufi perempuan yang sangaat terkenal dengan konsep mahabbah (rasa cinta yang memuncak kepada Allah Swt). Bagi Rabi’ah Adawiyah, maqam atau terminal puncak seorang pencari Tuhan ialah mahabbah. Rabi’ah Adawiyah pernah ditanya, apakah engkau membenci Iblis? Dijawabnya: “Rasa cinta terhadap Tuhanku memenuhi seluruh rongga dalam tubuhku, sehingga tidak ada lagi ruang untuk membenci siapapun”.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Pepohonan

Selama rasa cinta seseorang terhadap Tuhan sangat mendalam maka selama itu pula akan mencintai seluruh makhluknya, karena sang makhluk tidak lain adalah tajalli-Nya. Pada saat bersamaan, semua makhluk akan mencintai dirinya. Tidak mungkin makhluk Tuhan, termasuk burung-burung dan binatang akan membenci kekasih Tuhan yang mencintai diri-Nya. Bahkan air laut takut menenggelamkan kekasih Tuhannya bernama nabi Musa, besi takut menembus daging kekasih Tuhannya bernama nabi Daud, api takut membakar kekasih Tuhannya bernama nabi Ibrahi, virus ganas takut mencelakakan sahabat Tuhannya bernama nabi Shaleh, dan angin takut membangkang perintah kekasih Tuhannya bernama nabi Sulaiman. Bahkan nabi Sulaiman mampu mendaya-gunakan sahabat-sahabatnya berupa ikan, jin, burung-burung, dan binatang di dalam menjalankan roda pemerintahannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.