Teologi Lingkungan Hidup (40)

Asal Usul Alam Semesta Menurut Stephen Hawking

Rabu, 25 Oktober 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Stephen William Hawking (1942-2018) seorang fisikawan fenomenal abad ini yang menyentak dunia dengan karya-karya akademiknya. Ia pernah mengepalai satu lembaga akademik bergengsi yaitu Centre for Theoretical Cosmology di Universitas Cambridge. Ia melahirkan banyak sekali karya, dan di antara karyanya ialah Black Holes in General Relativity, A Brief History of Time, Black Holes and Baby Universes and Other Essays, dan banyak lagi yang lain. Belum termasuk jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh berbagai universitas terkemuka dunia.

Baca juga : Asal Usul Alam Semesta: Uap (2)

Hawking adalah orang pertama yang memaparkan teori kosmologi yang dijelaskan dengan menggabungkan teori relativitas umum dan mekanika kuantum. Ia adalah pendukung interpretasi multidunia teori mekanika kuantum. Di antara pendapatnya yang amat terkenal ialah penjelasan lebih detail tentang teori dentuman awal (bigbang). Menurutnya, alam ini tercipta karena adanya dentuman awal yang amat dahsyat dari satu massa yang amat besar dan panjang. Setelah kejadian itu partikel-partikel pecahannya berserakan dan menjauhi pusat ledakan. Pecahan-pecahan itu kemudian menjadi galaksi setelah melewati proses miliaran tahun lamanya. Pendapat Hawking ini mengingatkan kita pada pendapat kalangan teolog yang mengatakan hal yang serupa yang disebutnya dengan alsyajarah al-baidha', yakni rangkaian planet tercipta pasca dentuman awal.