Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (45)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Binatang

Senin, 30 Oktober 2023 00:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Burung hud-hud yang dikisahkan di dalam surah al-Naml, memberikan pertimbangan politik kepada nabi Sulaiman. Burung-burung inilah yang membawa informasi penting kepada nabi Sulaiman, bahwa di nun jauh di sana ada pusat kerajaan besar, dipimpin seorang Ratu, yaitu kerajaan Ratu Balqis. Burung hud-hud ini juga diberi tugas membawa surat diplomatik penting nabi Sulaiman (Q.S. al-Naml/27:29) kepada Ratu Balqis. Dalam riwayat disebutkan, ketika Ratu Balqis sedang beristirahat siang, tiba-tiba burung hud-hud menjatuhkan surat di dada Ratu Balqis. Cerita ini juga muncul di dalam Bibel dan mungkin itu sebabnya mengapa logo pos internasional berlambang burung.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Tanaman

Bukan rahasia lagi bahwa setiap orang bisa bersahabat dengan burung. Kicauan dan nyanyian burung-burung dapat memberikan kebahagiaan tersendiri. Burung-burung tertentu juga bisa memahami dan menirukan bahasa tuan atau nyonyanya. Rasulullah juga mencintai burung-burung. Hingga burung-burung kecil yang bersarang di mesjid Rasulullah di Madinah, kotorannya tidak dianggap najis. Jika mengenai pakaian cukup dibersihkan zat kotoran itu dari pakaian tanpa harus mencucinya.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Pepohonan

Beberapa tempat di Eropa dan Amerika, burung-burung merpati begitu merdeka terbang ke sana kemari, termasuk bertengger di anggota badang kita kalau kita sedang membawakan makanan. Mereka seperti tahu isi kepala kita, bahwa kita tidak mungkin menangkap atau membinasakannya karena mereka dilindungi undang-undang. Sebaliknya jenis burung yang sama tidak berani mendekati kita di Indonesia, karena sekalipun ada undang-undang yang mengatur, mereka tidak yakin akan mempan melindungi dirinya.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Mineral

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 30 Oktober 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (45), Semua Benda Mempunyai Emosi: Binatang"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.