Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (49)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Ikan (1)

Jumat, 3 November 2023 00:04 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Huruf Nun dalam ayat di atas dihubungkan dengan perahu Nabi Nuh atau Noah dalam Kitab Perjanjian Lama (Genesis) atau kisah tentang Jonah (Nabi Yu­nus), yang juga menceritakan perahu penyelamatan kehidupan. Kisah yang sama juga dikenal dalam agama Yahudi terutama dikisahkan panjang lebar juga di dalam Hebrew Kabbalah, yang di sana dilukiskan huruf Nun sebagai kelahiran baru (a new birth). Baik sebagai ikan maupun sebagai perahu sama-sama menjadi lambang penyelamatan, yaitu menyelamatkan bukan hanya ma­nusia tetapi binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Lebah Madu

Huruf Nun sebagai ikan penyelamat dihubungkan juga dengan Matsya Avatar dalam agama Hindu, yang ceritanya mirip dengan kisah Nabi Nuh. Matsya Avatar dalam bahasa Sansekerta berarti ikan ajaib yang muncul Satyayuga. Matsya turun ke bumi untuk memberitahu Maharaja Manu mengenai bencana air bah yang akan melanda bumi. Ia memerintahkan Maharaja Manu untuk segera membuat bahter besar. Suatu Ketika Raja Satyabrata (Waiwas­wata Manu) mencuci tangan di sungai, seekor ikan kecil menghampiri tangannya dan sang raja tahu bahwa ikan itu meminta perlindungan. Akhirnya ia memelihara ikan tersebut. Ia menyiapkan kolam kecil sebagai tempat tinggal ikan tersebut. Namun lambat laun ikan tersebut bertambah besar, hampir memenuhi seluruh kolam. Ia memindahkan ikan tersebut ke kolam yang lebih besar dan pada akhirnya ikan itu dibawa ke samundera. Ketika rombongan Raja pergi ke negeri seberang dengan mengendarai kapal. Ketika di Tengah laut rombongan raja dihadang oleh gelombang raksasa yang mengancam jiwa dan keselamatan seluruh penumpang, lalu dalam keadaan panik muncullah ikan raksasa yang pernah ia tolong Kembali menjadi dewa penyelamat sang raja. Ikan itu menelan raja lalu dibawa ke Pantai. Ternyata ikan yang menolong itu ialah ikan yang pernah ia tolong. Ini semua membuktikan bahwa ikan pun mempunyai emosi kepada manusia.

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Serangga

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 03 November 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (49), Semua Benda Mempunyai Emosi: Ikan (1)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.