Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (46)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Serangga

Rabu, 1 November 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Serangga adalah salahsatu makhluk kecil Tuhan yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan makhluk hidup di luar komunitasnya. Contoh semut, mereka bisa mengekspresikan dirinya kepada manusia dan sebaliknya manusia mampu Membaca rahasia semut, sehingga antara semut dan manusia terbukti bisa ­saling memahami satu sama lain. Semut memiliki feeling, kecerdasan, dan emosi ­seperti halnya makhluk Tuhan lain. Bukan hanya semut tetapi se­rangga lain juga demikian. Contoh ekspresi emosi semut diabadikan dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Binatang

“Hingga apabila mereka ­sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan ­mereka tidak menya­dari”. Maka dia (Sulaiman) tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku, berilah aku ilham ­untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan ­kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”. (Q.S. al-Naml/27:18:19).

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Tanaman

Seorang peneliti biologi dari Australia mengungkapkan ­bahwa yang menjadi pemimpin komunitas semut ialah jenis betina (ratu), bukan jantan. Jika ini benar berarti sejalan ­dengan redaksi yang digunakan Al-Qur’an bahwa yang memimpin komunitas semut yang disaksikan oleh Nabi Sulaiman ialah komunitas yang dipimpin oleh semut betina, karena dikatakan “qalat” dengan huruf ta al-ta’nits (feminin shape) yang menunjukkan jenis pe­rempuan/betina. Kisah ini juga mengingatkan kita dalam kisah laba-laba (al-Ánkabut), yang ternyata yang membuat sarang laba-laba yang begitu simetris ialah betina, yang mempunyai zat pemintal di dalam perutnya. Pejantan tidak memiliki zat itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.