Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (51)

Semua Benda Mempunyai Emosi: Burung

Senin, 6 November 2023 05:56 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Burung-burung memiliki kekuatan emosi yang kuat, sehingga ekspresinya bisa dibaca oleh manusia. Bahkan burung Hud-hud diekspresikan di dalam kitab-kitab suci Abrahamic religions, seperti dalam Kitab Perjanjian Lama dan Al-Qur’an. Penggunaan lambang PT Pos Indonesia dan lambang Pos Internasional dilambangkan dengan burung. Diasumsikan bahwa burung itu ialah burung Hud-hud yang menjadi pembantu Nabi Sulaiman (Salomon).

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Ikan (2)

Di dalam Al-Qur’an, ­peran burung diabadikan dalam ­beberapa ayat dalam antara lain sebagai berikut:

Baca juga : Semua Benda Mempunyai Emosi: Ikan (1)

“Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata: “Mengapa aku tidak meli­hat hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. ­Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya ­dengan azab yang keras, atau benar-benar menyembelih­nya ke­cuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang”. Maka tidak lama kemudian (datang­lah hud-hud), lalu ia ber­kata: “Aku telah mengetahui sesuatu yang ­kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita pen­ting yang diyakini, Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah ­mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mem­punyai singgasana yang besar. Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan setan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan ­mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga ­mereka tidak dapat petunjuk”. (Q.S. Al-Nam/27:20-24)
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.