Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (85)

Alam Semesta: Antara Mitos, Logos, Dan Agama (1)

Sabtu, 16 Desember 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Masyarakat modern mengandalkan teknologi yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi, mengelola, dan mengeksploitasi alam semesta. Kepongahan manusia semenjak abad pertengahan yang begitu sibuk-sibuk mengelola dan menjinakkan alam semesta dengan mengandalkan akal dan pikiran.

Manusia modern memerlukan dana yang cukup besar untuk membuat laboratorium, teknologi, dan informatika, tetapi belum bisa sepenuhnya menyingkap tabir rahasia alam semesta. Bahkan alam semesta terkadang mengecoh kalangan ilmuan, menampilkan sesuatu tetapi prakiraannya berbeda satu sama lain.

Baca juga : Fenomena New Consciousness Di Baat (2)

Para Saintis lebih didominasi oleh otak kiri, yang lebih mengandalkan pemikiran rasional dan fragmatis, karena itu masyarakat saintis seringkali jatuh di dalam filsafat makna yang keris. Kita perlu sadarkan diri kita masing-masing agar kita memperlakukan alam semesta ini bukan hanya sebagai obyek tetapi juga sebagai subyek, sebagaimana layaknya pejabat yang lain.

Masyarakat religi atau kalangan ulama memandang alam semesta ini sebagai makhluk yang sakral, sama dengan manusia. Dalam pandangan agama Islam alam semesta ini adalah tajalli Tuhan Yang Maha Esa. Para ulama menyerukan agar masyarakat betul menghargai keberadaan alam semesta. Alam ini bisa gembira dan bisa murka. Al-Qur’an juga menegaskan bahwa alam semesta dengan segala isinya juga adalah makhluk hidup yang mempunyai emosi. Al-Qur’an dengan menyatakan bahwa: Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (Q.S. al-Isra’/17:44).

Baca juga : Fenomena New Consciousness di Baat (1)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 16 Desember 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (85), Alam Semesta: Antara Mitos, Logos, Dan Agama (1)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.