Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (107)

Resakralisasi Alam Semesta (1) Mendamaikan Mitos Dan Logos (1)

Kamis, 11 Januari 2024 05:45 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam lintasan sejarah kemanusiaan, dikenal dua cara berfikir dalam upaya menyelesaikan persoalan kehidupannya, yaitu cara berfikir mitos dan cara berfikir logos. Selama ini keduanya dikesankan dua kutub yang berhadap-hadapan satu sama lain, seolah-olah tidak ada titik temu.

Dalam kesempatan ini penulis ingin menyatakan bahwa kedua pendekatan itu bisa dielaborasi sehingga keduanya bisa menjadi potensi besar yang saling melengkapi satu sama lain.

Mitos ialah suatu cerita suci yang bersifat simbolik, menceritakan hubungan kejadian secara nyata dan imajiner yang berkaitan dengan asal usul serta perubahan alam raya, dunia, dewa-dewi, kekuatan atas suatu kodrat manusia.

Baca juga : Pembelajaran Dari Laut Mati

Sedangkan logos ialah sebuah hasil pemikiran yang diungkapkan dalam narasi perkataan dan pertimbangan nalar.

Dahulu manusia didominasi oleh pemikiran mitos tetapi belakangan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan eksakta seperti matematika dan berbagai tatana keilmuan lainnya, maka terjadilah rasionalisasi dan fragmatisme yang menyebabkan lahirnya desakralisasi alam semesta.

Dahulu kala masyarakat primitif dan atau masyarakat tradisional menganggap alam semesta ini sebagai jelmaan Tuhan. Alam semesta tidak dianggap sebagai obyek yang terpisah dengan manusia sebagaimana masyarakat modern.

Baca juga : Pembelajaran Dari Misteri Sumur Nabi Ayub

Mitos sebuah pemikiran yang melintas batas, melihat ke belakang sampai membahas jeuh ke belakang ke masalah asal usul kehidupan manusia dan alam semesta.

Mitos berbicara tentang sesuatu yang paling basic bagi pengalaman hidup manusia. Mitos lebih banyak berbicara tentang makna (meaning) karena memang manusia adalah pencari makna. Tanpa makna maka manusia riskan jatuh ke dalam suasana keputusasaan.

Di sinilah relevansinya jika mitos dan logos sebagai dua kekuatan untuk bisa disinerjikan demi martabat kemanusiaan yang lebih tinggi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.