Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (98)

Belajar dari Ekosistem Lebah-Madu

Sabtu, 30 Desember 2023 05:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekecil apapun makhluk Tuhan adalah pelajaran (i’tibar) bagi manusia. Salahsatu serangga yang akrab dengan manusia diabadikan di dalam Al-Qur’an, bahkan dinamanya diabadikan menjadi salahsatu nama surah dalam Al-Qur’an, yaitu lebah (Al-nahl). Keajaiban lebah diungkapkan di dalam Q.S. al-Nahl, khususnya dalam ayat 68 dan 69 sebagai berikut: “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Se­sungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”. (Q.S. Al-Nahl/16:68-69).

Baca juga : Belajar dari Ekosistem Sapi

Keistimewaan lebah bukan hanya diungkapkan di dalam Al-Qur’an tetapi juga di dalam sejumlah hadis. Di antaranya yang amat popular ialah madu yang dihasilkan oleh lebah menjadi media penyembuh se­jumlah penyakit. Hadisnya ialah: “Madu dapat mengobati ber­bagai jenis penyakit”.

Di Jerman ada sebuah Rumah Sakit atau Klinik Lebah Madu, yang ­system pengobatannya bukan saja madu melainkan juga sarang lebahnya bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Baca juga : Belajar Dari Ekosistem Gajah

Termasuk juga pengobatan dengan senga­tan lebah. Ada sejumlah penyakit dapat disembuhkan melalui senyawa racun lebah yang di[eroleh melalui sengatannya. Konon rumah sakit ini menjadi alternative bagi mereka yang gagal mendapatkan pengobatan di rumah sakit biasa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.