Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (100)

Belajar Dari Ekosistem Laba-laba (1)

Selasa, 2 Januari 2024 06:08 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Serangga laba-laba mendapatkan perhatian khusus di dalam Al-Qur’an. Laba-laba dijadikan perumpamaan sebagai serangga yang memiliki rumah yang amat lemah tetapi mampu melindungi Nabi Muhammad SAW dari kekuatan yang pasukan elit kaum Quraisy di Mekkah. Dalam Al-Qur’an dijelaskan: “Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah ialah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui”. (Q.S. Al-’Ankabut/29:41)

Dipilihnya laba-laba menjadi salahsatu nama surah dalam Al-Qur’an tentu ada maknanya untuk manusia. Laba-laba memiliki ratusan species. Di antaranya ada yang jinak ada yang berbahaya karena mengandung racun yang mematikan. Laba-laba adalah salahsatu jenis serangga yang memiliki keunikan, karena yang membuat sarang menurut para ahli biologi ialah jenis betina, buakn pejantan. Ini sesuai dengan redaksi yang digunakan Al-Qur’an “ittakhadzat” yang menunjukkan bentuk muannats/feminine shape. Bukannya “ittakhadza” dalam bentuk mudzakkar/masculine shape.

Baca juga : Belajar Dari Ekosistem Kucing Dan Anjing

Ini menunjukkan yang membuat sarang ialah jenis betina. Pejantan tidak punya zat perekat yang bisa memintal tali temali untuk dijadikan sarang. Hasil tangkapan jarring laba-laba menjadi incaran pejantan.

Konon laba-laba sekarang sengaja diternakkan untuk mengambil sarangnya karena konon menjadi bahan penting untuk baju perang tentara AS. Laba-laba juga mendapatkan kesan positif dalam sejarah nabi Muhammad SAW, ketika ia bersama Abu Bakar bersembunyi di Goa Tsaur, di luar kota Madinah, maka dengan cekatan laba-laba membangun sarang di pintu goa sehingga tidak mengesankan ada orang yang memasuki goa itu.

Baca juga : Belajar dari Ekosistem Lebah-Madu

Itulah sebabnya aukama qalannibi, tidak dibenarkan kita merusak sarang laba-laba tanpa tujuan tertentu, sebagai penghargaan kita atas jasa laba-laba melindungi Nabi Muhammad SAW.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.