Dark/Light Mode

Meraih Berkah Bulan Sya`ban (16)

Kalian Mau Ke Mana?

Sabtu, 2 Maret 2024 05:35 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Orang, keluarga, masyarakat, negara, rezim atau orde, yang tidak memiliki visi, misi, dan tujuan hidup yang jelas maka dikhawatirkan ajalnya akan tiba lebih awal. Khusus untuk ajal suatu masyarakat, Ibnu Khaldun pernah mengingatkan kepada kita terhadap empat generasi yang akan menentukan cepat atau lambatnya ajal masyarakat itu tiba, yaitu: Pertama generasi perintis, Kedua generasi pembangin, ketiga generasi penikmat, dan keempat generasi penghancur.

Banyak contoh dalam kisah Al-Qur'an yang menunjukkan betapa riskannya ajal sebuah generasi. Terkadang individu yang memiliki perencanaan yang matang di dalam menjalani kehidupannya lebih panjang ajalnya dari pada ajal masyarakatnya.

Baca juga : Meningkat Dari Tafakkur ke Tadzakkur

Di antara generasi bangsa Indonesia banyak sekali yang pernah merasakan beberapa pergantian generasi (orde). Ada yang pernah menyaksikan tibanya ajal penjajahan Jepang, Belanda, Orde Lama, dan Orde Baru.

Terkadang umur individu kita lebih panjang daripada umur masyarakat atau rezim kita. Sebaliknya ada juga suatu komunitas lebih panjang usia kemasyarakatannya di banding usia individunya.

Baca juga : Meningkat Dari Wirid Ke Warid

Boleh jadi ada sebuah individu berkali-kali mati sebagai masyarakat atai rezim tetapi tetap tegar sebagai individu. Idealnya usia individu, keluarga, masyarakat dan bangsa/ negara/rezim sama-sama awet dalam kehidupan yang ideal.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 3, edisi Sabtu, 02 Maret 2024 dengan judul "Meraih Berkah Bulan Sya`ban (16) Kalian Mau Ke Mana?"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.