Dark/Light Mode

Meraih Berkah Bulan Sya`ban

Memperkaya Opsi Solusi

Kamis, 7 Maret 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Nasehat Nabi Ya’qub terhadap anak-anaknya jauh dari kesan fanatisme. Ia memberikan kemerdekaan penuh kepada anak-anaknya. Namun, ia tetap menekankan arti sebuah tanggung jawab, tawakkal, dan taqwa kepada Tuhan. Kemerdekaan tanpa tanggung kawab akan melahirkan kebablasan dan tanggung jawab tanpa tawakkal kepada Tuhan akan melahirkan keang­kuhan dan kesombongan. Tanggung jawab dan tawakkal tanpa didasarkan ketaqwaan tidak akan langgeng.

Baca juga : Menjauhi Egoisme Spiritual

Ayat di atas memberi warna ter­hadap kebijakan sang anak ke­tika Yusuf, anak bungsu Ya’qub, menjadi pemimpin negeri Mesir. Ketika negara-negara asing menya­takan ketergantungan pangannya kepada negeri Mesir akibat kemarau berkepanjangan, maka Nabi Yusuf tidak membawa negrinya sebagai negeri angkuh yang mendiktekan berbagai kepentingannya kepada negara sekutu. Ia malah memberi­kan kelonggaran untuk membangun perekonomian negeri mereka yang sedang morat marit.

Baca juga : Merekapitulasi Kekayaan Batin

Kepribadian Nabi Yusuf, sangat dibutuhkan di dalam sebuah masyakat yang mengalami krisis multi dimensi. Tidak perlu mencurahkan segenap waktu dan pikiran datang jauh-jauh be­lajar menyelesaikan krisis dari negara-negara lain. Konsep problem solving berbagai krisis sebenarnya sangat kaya di dalam Al-Qur’an. Hanya saja kita tidak mau serius mendalaminya. Yusuf adalah contoh kepribadian yang lahir di dalam masyarakat dewasa.

Baca juga : Melatih Diri Untuk Diam

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 6, edisi Kamis, 07 Maret 2024 dengan judul "Meraih Berkah Bulan Sya`ban Memperkaya Opsi Solusi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.