Dark/Light Mode

Meraih Berkah Bulan Sya`ban (23)

Mencapai Ketenangan Batin

Sabtu, 9 Maret 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Bulan suci Ramadhan datang untuk mensucikan kita. Disebut Ramadhan, artinya membakar, yaitu diharapkan mampu membakar hangus seluruh dosa-dosa yang pernah dilakukan. Dengan demikian rasa berdosa bisa hilang seiring dengan banyaknya amal kebajikan yang dilakukan di dalam bulan Ramadhan. Allah berfirman: Innl hasanat yudzhibnas sayyi’at (sesungguhnya perbuatan baik menghapuskan dosa-dosa/Q.S. Hud/11:114). Orang-orang yang mengoptimalkan amaliah Ramadhan diharapkan bisa mengikis habis dosa-dosa masa lampaunya. Seusai Ramadhan yang bersangkutan seperti diungkapkan dalam hadis, kembali seperti bayi yang putih tanpa dosa. Idul Fitri menjadi saksi adanya hamba yang kembali berbuka setelah menjalani masa puasa sebulan penuh. Di samping itu juga menjadi tanda kembalinya seorang hamba ke dalam jati diri yang paling luhur.

Baca juga : Bersahabat Dengan Penderitaan

Seusai Ramadhan, tradisi Indonesia dilakukan Halal bi Halal, sebuah upaya untuk menghilangkan rasa bersalah yang telah diperbuat terhadap saudara-saudaranya. Saling bersalam-salaman dan sekaligus saling memaafkan satu sama lain, diharapkan mengikis habis seluruh beban dipundak. Rasa berdosa telah dibersihkan oleh Ramadhan dan rasa bersalah dibersihkan melalui Halal bi Halal. Di sinilah indahnya bulan suci Ramadhan. Mengangkat martabat kemanusiaan anak manusia yang tadinya terpurut karena salah pilih memilih jalan kehidupan. Demilianlah Ramadhan, menjanjikan ketenangan abadi, al-hamdulillah.

Baca juga : Memperkaya Opsi Solusi

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 5, edisi Sabtu, 09 Maret 2024 dengan judul "Meraih Berkah Bulan Sya’ban (23), Mencapai Ketenangan Batin"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.