Dark/Light Mode

Merawat Kemabruran Puasa (1)

Meneguhkan Visi Kehidupan

Jumat, 3 Mei 2024 05:52 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Pengetahuan amat diperlukan di dalam menjalani visi kehidupan ini. Pengetahuan dan directions itu sudah diletkkan Allah di sekitar diri kita: Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan? (Q.S.Al-Dzariyat/51:21). Dalam ayat lain disebutkan: Siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatang­kan sinar terang kepada kalian? Apakah kalian tidak mendengar? (Q.S. Al-Qashash/28:71). Dan directions paling nyata sesungguhnya ialah Al-Qur’an: Apakah mereka tidak mengkaji Al Qur’an? (Q.S. An-Nisa’/4:82). Kita tinggal diminta untuk berfikir memikirkan directions itu: Apakah kalian tidak berfikir? (Q.S. Yasin/32:62). Apakah sama orang yang buta dengan orang yang melihat?” Maka apakah kamu ti­dak memikirkan (nya)? (Q.S.Al-An’am/6:50).

Baca juga : Mengenal “Al-Qur’an Takwini” (3)

Ayat-ayat di atas cukup menjadi dasar dan sekaligus menjadi keya­kinan bagi kita bahwa hidup ini bukanlah sesuatu tanpa tujuan. Kita diminta untuk menempuh perjalanan hidup ini dengan baik dan benar jika kita ingin berhasil. Hidup ini tidak bisa ditempuh secara sembrono tanpa tujuan dan mekanisme untuk mencapai tujuan itu. Allah menciptakan sesuatu di dalam diri kita sesuatu yang amat penting. Jika sesuatu itu berhasil maka berhasillah totalitas kehidupan ini, dan jika itu gagal maka gagallah total kehidupan ini. Sesuatu itu menurut Rasulullah SAW ialah kalbu kita. Mari kita me-manage kalbu sebaik-baiknya.

Baca juga : Mengenal “Al-Qur’an Takwini” (2)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 8, edisi Jumat, 03 Mei 2024 dengan judul "Merawat Kemabruran Puasa (1) Meneguhkan Visi Kehidupan"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.