Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (19)

Misteri di Balik Kata Makkah dan Bakkah (1)

Kamis, 6 Juni 2024 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Keberkahan di dalam kota Mekah, khususnya di halaman Bakkah, dinyatakan dalam beberapa ayat, antara lain: Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam (Q.S. Ali ‘Imran/3:96-97).

Dalam ayat lain juga dinyatakan: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aksa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat (Q.S. al-Isra’/17:1).

Baca juga : Rahasia Di Balik Hajar Aswad

Keberkahan secara fisik kota Mekkah atau Bakkah selain sebagai pusat peribadatan, kinlat peribadatan, juga menyimpan misteri yang amat besar. Misalnya ada misteri air zam-zam yang tak pernah kering atau berkurang debet airnya, meskipun disedot jutaan liter perhari. Belum lagi kekayaan minyaknya yang oleh ahli perminyakan menemukan cadangan minyak luar biasa, dikatakan tidak pernah kering hingga 200 tahun yang akan datang.

Bandingkan Indonesia yang dulu pernah menjadi anggota organisasi dunia penghasil minyak kini sudah keluar namanya karena Cadangan minyaknya sudah sangat menipis. Kalaupun pada suatu saat masyarakat beralih ke solar system (tenaga matahari) maka negara yang paling banyak terbersih cahaya mataharinya ialah Saudi Arabia.

Baca juga : Asal-usul Hajar Aswad

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 5, edisi Kamis, 6 Juni 2024 dengan judul "Teosofi Haji Dan Umrah (19) Misteri di Balik Kata Makkah dan Bakkah (1)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.