Dark/Light Mode

Catatan Debat Capres-Cawapres Pertama (2)

Hak Asasi Manusia

Minggu, 20 Januari 2019 21:26 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Permasalahan terbesar dalam hal penegakan HAM ada pada kesadaran HAM dan hukum itu sendiri. Hak-hak politik kerap kali dirampas oleh arogansi kekuasaan. Hak agama dirampas oleh tirani kekuasaan. Hak ekonomi dirampas oleh manipulator ekonomi. Karenanya HAM akan tegak ketika supremasi hukum menjadi komando kehidupan publik.

Bukan kekuasaan, ekonomi atau uang, bukan pula karena pertimbangan mayoritas-minoritas. Ketiga, isu korupsi. Isu ini menjadi isu parah dan memalukan bangsa dan negara kita.

Baca juga : Fatwa Terorisme

Bangsa besar, apalagi dengan label negara Muslim terbesar, harus membangun “sense shamefulness” atau rasa malu (al-hayaa) dengan situasi ini. Masalah korupsi tentunya bukan karena Muslim atau bukan.

Karena di berbagai negara berkembang Asia dan Afrika negara-negara mayoritas non Muslim juga demikian. Tapi sebagai bagian dari tanggung jawab amar ma’ruf dan nahi mungkar, hal Ini perlu kita sadari bersama. [ Bersambung]

Baca juga : Ta’liful Quluub Untuk Wihdatul Ummah

Imam Shamsi Ali ; Presiden Nusantara Foundation, Imam Islamic Center New York, Direktur Jamaica Muslim Center, New York, Pendiri Pondok Pesantren Di AS, dan Diaspora Indonesia di Kota New York

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.