Dark/Light Mode

Isu-isu Islam Kontemporer (25)

Isu Mayoritas dan Minoritas (2)

Selasa, 21 Januari 2020 09:50 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dan Allah beserta orang-orang yang sabar (QS. Al-Baqarah/2:249). Ayat ini tidak jelas apakah yang dimaksud kelompok mayoritas (katsirah) dan minoritas (qalilah), apakah merujuk kepada mayoritas minoritas secara kualitatiaf atau secara kuantitatif?

Yang jelas ayat itu mengingatkan kita bahwa eksistensi kelompok mayoritas bukan jaminan untuk menang dan kelompok minoritas bukan kepastian untuk kalah. Sejarah kemanusiaan telah berulang kali membuktikan kebenaran ayat ini.

Baca juga : Isu Mayoritas dan Minoritas

Al-Qur’an juga pernah menyoroti keberadaan kelompok mayoritas secara kuantitatif dan secara kualitatif dan ada golongan minoritas secara kuantitatif dan kualitatif.

Misalnya disebutkan dalam ayat: Dan ingatlah (hai para muhajirin) ketika kamu masih berjumlah sedikit, lagi tertindas di muka bumi (Mekah), kamu takut orang-orang (Mekah) akan menculik kamu, maka Allah memberi kamu tempat menetap (Madinah) dan dijadikanNya kamu kuat dengan pertolonganNya dan diberiNya kamu rezeki dari yang baik-baik agar kamu bersyukur. (QS. Al-Anfal/8:26).

Baca juga : Antara Ajaran Islam dan Budaya Arab (2)

Al-Qur’an menegaskan tidak boleh melecehkan walau hanya satu orang (nyawa), sebagaimana ditegaskan dalam ayat: Barangsiapa yang membunuh seorang manusia,… maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolaholah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. (QS. Al-Maidah/5:32).

Al-Qur’an juga sudah mengisyaratkan relasi antar golongan di dalam masyarakat, harus diambil manfaatnya dengan cara menekankan aspek “pertemuan” (encounters), bukannya menekankan aspek negatif (conflict).

Baca juga : Antara Ajaran Islam dan Budaya Arab (1)

Sebagaimana diisyaratkan di dalam ayat: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. (Q.S. AHujurat/49:13). ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.