Dark/Light Mode

Etika Politik dalam Al-Qur’an (2)

Adakah Sistem Politik Dalam Qur’an?

Sabtu, 26 Januari 2019 07:04 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Maksudnya Allah SWT tidak pernah lupa memberikan rezeki kepada suatu binatang pun. Menurut Al-Zamakhsyari, yang dimaksud dengan Al-Kitab dalam ayat kedua di atas ialah bukanlah Al-Qur’an, tetapi al-Lauh al-Mahfudz yang ada di langit.

Pada ayat kedua, yang dimaksud kata al-Kitab dalam ayat-ayat tersebut tidak mesti berarti al-Qur’an, tetapi boleh al-Lauh al-Mahfuz atau Umm al-Kitab atau ilmu Tuhan. Dalam arti ini al-Kitab mengandung segala-galanya dan memberi penjelasan tentang segala-galanya.

Baca juga : Jangan Khianati Nilai Kemanusiaan, Agama & Konstitusi

Tetapi kalau Al-Kitab diartikan al-Qur’an, maka kata-kata: “Tidak Kami lupakan suatu apapun” berarti “tidak suatu apapun mengenai soal-soal keagamaan.” Tidak Kami lupakan di dalamnya soal-soal hidayah, yaitu dasar-dasar agama, pegangan-pegangan, hukum-hukum, petunjuk tentang pemakaian daya jasmani serta daya akal untuk kemaslahatan manusia.”

Ulama tafsir lain mengatakan Al-Kitab itu mengandung semua ilmu pengetahuan yang ada di jagat raya ini, namun pendapat ini tidak pernah ditemukan dari kalangan sahabat dan tabi’in ataupun dari ulama salaf.

Baca juga : Etika Politik Qur’ani: Sebuah Pengantar

Sedangkan ayat ketiga yang menyatakan: ”Kitab itu menjelaskan segala-galanya” menurut Mujahid, berarti menjelaskan semua urusan yang berhubungan dengan halal dan haram. Dan menurut al-Zamakhsyari yaitu menerangkan segala-galanya mengenai soal agama, dan itu pun dengan bantuan sunnah Nabi, ijma’, qias, dan ijtihad.

Dari keterangan ayat dan mufassir tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa tidak cukup dasar untuk bisa menyebut ada sistem politik dalam Al-Qur’an. Mungkin yang dapat kita katakan bahwa yang ada dalam Al-Qur’an adalah dasar-dasar politik atau etika politik di dalam Al-Qur’an.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.