Dark/Light Mode

Peradaban Alternatif Berbaris Iqra (1)

Semua Konsep Islam Bernuansa Global

Sabtu, 2 Februari 2019 13:38 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Yang kedua, adalah peradaban itu sendiri. Saya kemudian terpikir membahasnya secara ringkas dari sudut ragam “bentuk” peradaban yang ada, ciri-ciri peradaban Islam, dan modal apa saja yang diperlukan dalam membangun peradaban alternatif itu?

Bagi sebagian orang istilah “global” terasa baru dan asing. Seolah konsep ini adalah konsep yang diproduksi oleh orang lain, dan seringkali menimbulkan berbagai kecurigaan dan kekhawatiran.

Baca juga : Dari Negeri Perang Ke Negeri Dakwah

Padahal konsep dunia global telah disampaikan oleh Al-Quran dan Rasulullah sejak 15 abad lalu. Semua konsep-konsep dalam agama Islam itu bernuansa global. Dari konsep ketuhanan, kerasulan, Al-Quran, dan Islam itu sendiri, adalah agama global.

Umat meyakini bahwa Islam yang dibawa para pendahulu Muhammad SAW itu bersifat lokal. Sementara Islam yang dibawa Muhammad SAW adalah Islam yang “rahmatan lil-alamin”.

Baca juga : Seolah Cuma Islam Yang Berasal Dari Timur Tengah

Atau Islam yang ajarannya bertujuan membawa rahmah ke seluruh penjuru alam. Di sinilah kemudian sejatinya Islam sangat antisipatif dengan globalisasi yang terjadi. Karena ajarannya memang bernafaskan energi dunia global. [Bersambung]

Imam Shamsi Ali : Presiden Nusantara Foundation, Imam Islamic Center New York, Direktur Jamaica Muslim Center, New York, Pendiri Pondok Pesantren Di AS, dan Diaspora Indonesia di Kota New York.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.