Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peradaban Alternatif Berbaris Iqra (1)

Semua Konsep Islam Bernuansa Global

Sabtu, 2 Februari 2019 13:38 WIB
SHAMSI ALI
SHAMSI ALI
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Kamis, 6 Desember 2018 lalu, saya mendapat kehormatan untuk menyampaikan orasi ilmiyah di Universitas Islam Makasar (UIM), Sulsel. Acara tersebut bersamaan dengan acara wisuda mahasiswa/mahasiswi UIM yang ke-53. Sekaligus acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa 2018.

Kehormatan ini tentu bernilai tambah karena Saya diundang khusus oleh Dr. Ir. Andi Majdah M. Zain, MSi, Rektor UIM. Bagi saya, beliau adalah sosok keteladanan dalam pendidikan dan dakwah Islam. Beliau adalah satu dari wanita Muslimah yang memiliki kepedulian luar biasa kepada dakwah dan dunia pendidikan.

Baca juga : Dari Negeri Perang Ke Negeri Dakwah

Saya sendiri masih teringat di sekitar tahun 80-an (82-86) ketika melewati lokasi tempat berdirinya UIM ini. Ketika itu hanya ada satu atau dua gedung kecil di tengah persawahan hijau. Saya ketika itu tidak bermimpi bahwa institusi yang bernama Yayasan Al-Ghazali itu akan menjadi salah sati ikon dakwah dan pendidikan Islam di bumi Nusantara.

Walaupun undangan itu dadakan dan juga tanpa persiapan matang, saya mencoba memikirkan kira-kira tema apa yang sesuai dengan acara wisuda seperti ini? Apakah mengenai pentingnya ilmu? Dakwah dan Islam di Amerika?

Baca juga : Seolah Cuma Islam Yang Berasal Dari Timur Tengah

Setiba di kampus saya dikelilingi para ulama dan guru besar. Termasuk seorang ulama kharismatik Sulsel yang telah lama saya idolakan, Anre’ Gurutta KH Dr. Sanusi Baco (hafizhahullah wa ra’aah).

Saya lalu terpikir alangkah tepatnya jika saya berbicara tentang “Membangun Peradaban Alternatif Berbasis Iqra di Era global”.

Baca juga : Jangan Khianati Nilai Kemanusiaan, Agama & Konstitusi

Tema yang saya rasa secara waktu tepat dan sesuai dengan acara pada pagi hari itu. Di mana memang kita hidup dalam dunia global. Dan pagi itu adalah acara wisuda sekitar 700-an mahasiswa/ mahasiswi UIM Makassar. Tema ini mengandung dua poin utama. Pertama, tentang dunia dunia global. Apa karakteristik dasarnya dan bagaimana posisi Islam dalam menyikapi dunia global tesebut?
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.