Dark/Light Mode

Menanti Keajaiban Ramadhan (3)

Senin, 27 April 2020 07:56 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam Al-Qur án dikatakan: “Barang-siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya”. (QS. Al-Thalaq/65:2-3).

Luar biasa ayat ini menggaransi mereka yang termasuk kategori orang-orang bertaqwa (muttaqun). Kalangan ulama menjelaskan kata taqwa singkatan dari Taubah, Qana’ah, Wara, dan Amanah. Taubah ialah mereka yang kembali ke jalan yang benar setelah menyadari kekeliruannya.

Baca juga : Menanti Keajaiban Ramadhan (2)

Qana’ah ialah mereka yang merasa cukup terhadap apa yang Allah berikan kepadanya. Wara’ ialah mereka yang memproteksi diri terhadap segala sumber dosa dan maksiyat.Amanah ialah orang yang bertanggung jawab terhadap pilihan keputusannya, dalam arti tidak mengecewakan orang dan Tuhannya.

Dalam dunia tasawuf dijelaskan taqwa sebagai kombinasi antara takut, segan dan cinta. Bagaikan seorang anak kecil terhadap orang tuanya. Ia pasti segan, takut, dan sekaligus cinta terhadap orang tuanya. Bertaqwa kepada Tuhan bukan berarti hanya segan dan takut tetapi juga cinta dan rindu terhadap Tuhannya.

Baca juga : Menanti Keajaiban Ramadhan (1)

Para sufi menyadari bahwa Tuhan bukan Sosok Yang Maha Mengerikan tetapi Sosok Yang Maha Pencinta. Tuhan lebih tepat untuk dicintai ketimbang ditakuti.Sebagian ulama menjelaskan kata taqwa singkatan dari Taubah, Qana’ah, Wara.

Jadi, Allah SWT, Nabi Muhammad SAW dan Al-Qur’an lebih menonjolkan nilai-nilai kelembutan dan daripada nilai-nilai kekerasan. Kita sebagai hamba Tuhan, umat Nabi Muhammad SAW, dan pengikut Al-Qur’an mestinya lebih menonjolkan sifat dan sikap kelembutan daripada sifat dan sikap kekerasan.

Baca juga : Isu Mayoritas dan Minoritas

Ramadhan kali ini bertepatan dengan hadirnya pandemi Covid-19. Mudah-mudahan kasus ini menambah kekhidmatan kita beribadah kepada Allah SWT, walaupun umumnya ibadah kita dilakukan di rumah. Virus corona ini adalah ujian atau lesson learning buat kita.

Di mana ada ujian, biasanya di situ ada kenaikan kelas. Makin berat ujian itu makin tinggi kelas yang dijanjikan. Mari kita memperbanyak doa dan munajat kepada Allah SWT agar kita semua bersama keluarga selamat dari musibah ini. Semoga berbagai dampak yang ditimbulkannya, khususnya dampak ekonomi, secepat mungkin Allah pulihkan. Amin Ya Rabb Al‘Alamin. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.