Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ujian Ganda Melahirkan Manusia Sejati (1)

Senin, 8 Juni 2020 08:27 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Bulan suci Ramadhan itu sendiri sudah merupakan sebuah rangkaian ujian yang tidak ringan, karena harus berpuasa di samping mengamalkan berbagai ibadah khusus lainnya. Diperberat lagi dengan kehadiran virus Covid-19 yang mengancam jiwa dan menyebabkan terganggunya pekerjaan rutin kita.

Tapi percayalah, di mana ada ujian di situ ada kenaikan kelas. Semakin berat sebuah ujian semakin tinggi martabat kelulusan kita. Harapan kita ialah setelah menjalani ujian ganda ini kita bisa lahir menjadi manusia sejati atau biasa disebut dengan insan kamil.

Baca juga : Mengembangkan Sikap Futuwwah (2)

Untuk menggapai prestasi manusia sejati (insan kamil) manusia perlu melakukan usaha-usaha khusus. Usaha-usaha itu bisa dinamai bermacam-macam dalam tafsir syari.

Ada yang menggunakan istilah sair, safar, suluk, siyah, subul, dan lain sebagainya. Istilah-istilah tersebut terkadang digunakan di dalam konteks perjalanan spiritual manusia sebagai manifestasi Insan Kamil, yang biasa disebut: Madhhar alIjma’, Nur Muhammad, Nufus Al Rahman, Jauhar dan istilah yang agak kurang pas ‘Aql alawwal.

Baca juga : Mengembangkan Sikap Futuwwah (1)

Namun istilah-istilah tersebut di atas juga sering digunakan dalam konteks anak manusia (adam) dan “keadaman” (Adamiyyah). Istilah istilah tersebut juga sering digunakan dalam konteks perjalanan makrokosmos (Al‘alam Al kabir) dan mikrokosmos (Al‘alam Al Shagir).

Perjalanan manusia sebagai bagian dari Insan Kamil mengikuti proses ke hadiran lima Eksistensi (Al Hadharat Al Khamsah), yakni dari Ahadiyyah, Wahidiyyah, Alam Jabarut, Alam Malakut, dan Alam Syahadah (tentang Al Hadharat Al Khamsah sudah dibahas dalam artikel terdahulu di dalam kolom ini). ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.