Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mengembangkan Sikap Futuwwah (2)

Minggu, 7 Juni 2020 08:59 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Para dermawan dalam kategori ini menganggap harta yang diberikan untuk kepentingan orang lain yang lebih butuh atau untuk kepentingan akhirat, lebih besar maknanya ketimbang harta yang disimpan untuk kepentingan diri sendiri.

Menurut Al Junaid, kedermawanan berarti menahan diri dari segala yang menyakiti orang lain dan memberi makanan kepada orang lain. Ada juga yang mengatakan futuwwah adalah mengikuti sunnah. Ada juga yang mengatakan, futuwwah adalah menampakkan kenikmatan dan menyembunyikan cobaan.

Baca juga : Mengembangkan Sikap Futuwwah (1)

Ahamd bin Hambal mengatakan, futuwwah meninggalkan apa yang engkau inginkan demi yang engkau takuti. Futuwwah adalah seorang pemuda yang punya musuh sebagai akibat tangguhnya kepada sebuah prinsip. Ada juga yang mengatakan, futuwwah adalah seorang pemuda yang menghancurkan berhala besar, yaitu nafsunya sendiri.

Hal ini diambil dari firman Allah dalam al-Qur’an “Mereka berkata: “Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhalaberhala ini yang bernama Ibrahim”. (QS. Al-Anbiya’/21: 60).

Baca juga : Reartikulasi Spirit Fikih (2)

Ulama lain mengatakan, sumber keder mawanan adalah keimanan. Oleh karena itu, Allah menamai Ashab al-Kahf dengan “fityah” ketika mereka beriman kepada Tuhan mereka. Hal ini ditegaskan dalam Al-Qur’an:

“Sesungguhnya mereka itu adalah pemudapemuda yang beriman kepada Tuhan mereka.” (QS. Al-Kahf/18: 13).

Baca juga : Reartikulasi Spirit Fikih (1)

Ada juga yang mengatakan, sesungguhnya mereka dinamakan “fityah”, karena mereka beriman kepada Allah tanpa perantara. Al Junaid mengatakan, futuwwah dapat ditemukan di Syam, kefasihan bahasa di Irak, dan kejujuran di Khurasan. Kemudian, ketahuilah bahwa kebebasan itu lebih mulia dari pada kejujuran, dan futuwwah lebih utama lagi dari pada keduanya (kebebasan dan kejujuran).

Kedermawanan mengingatkan kita kepada pesan surah Al-Ma’un, yang banyak mendapatkan penekanan khusus dari Rasulullah Saw. Saatsaat seperti sekarang inilah kita sangat diminta untuk meningkatkan sikap kedermawanan kita. Mungkin sedikit artinya buat kita, tetapi besar artinya bagi orang lain.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.