Dark/Light Mode

Total War’ Wangsa Gorawangsa

Senin, 18 Februari 2019 06:59 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam perjalanan menuju Hotel Sultan semalam untuk menyaksikan debat kedua calon pemimpin bangsa, saya berharap isu-isu cerdas mengenai lingkungan hidup menjadi ‘total war’ pemimpin masa depan.

Siapa pun presiden mendatang isu lingkungan menjadi ‘the new political battlefield’. Era tahun 1980 sampai 1990 dinamakan era perdagangan ekonomi.

Baca juga : Tabloid Seksi Sarpakenoko

Negara yang memiliki surplus perdagangan, ekonomi negara tersebut akan makmur. Memasuki tahun 1990 - 2010 dinamakan era teknologi online. Aplikasi online menjamur dan menjadi tulang punggung ekonomi sebuah negara.

Maka lahirlah beberapa dot com company seperti Bukalapak dan Gojek. Sedangkan era ‘global warming’ dimulai dari tahun 2010 sampai tahun 2030. Pembangunan sebuah negara akan tumbuh dan ‘sustain’ jika negara tersebut memperhatikan dampak lingkungan dari sebuah pembangunan.

Baca juga : Arjuna Pun Salah Merapal Doa

Apalah artinya kita mandiri energi dan swasembada pangan jika lingkungan kita rusak. Bukan kemakmuran yang akan dicapai, melainkan beban atau ‘liability’ kepada anak cucu kita kelak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.