Dark/Light Mode

Ambisi Pembangunan Jalan Tol Giyantipura

Senin, 25 Februari 2019 16:34 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu pemicu demo Rompi Kuning di Perancis adalah rencana Presiden Emmanuel Macron menaikkan pajak BBM 4 sen untuk setiap liternya. Tapi triger di balik demo besar-besaran tersebut adalah adanya kesenjangan politik kepentingan antara pengguna jalan raya oleh masyarakat pinggiran dengan masyarakat kota yang tidak memiliki kendaraan.

Baca juga : Total War’ Wangsa Gorawangsa

Dampak  pembangunan jalan raya sudah bergeser. Pembangunan jalan tol bukan saja sebagai sarana pertumbuhan ekonomi. Tetapi pembangunan jalan tol juga berdampak lingkungan yaitu penyebab meningkatnya emisi kendaraan bermotor. Ketimpangan pembangunan dan dampak lingkungan inilah yang menjadi pertarungan politik jalanan di negara-negara barat saat ini, seperti yang terjadi di Amerika dan  Eropa. 

Baca juga : Tabloid Seksi Sarpakenoko

“Lain dengan politik jalan tol di sini ya, Mo.  Saling klaim di era siapa yang berhasil membangun jalan tol paling panjang,” celetuk Petruk sambil cengengesan. Romo Semar hanya mesem enggan untuk komentar. Semar tahu arah komentar Petruk, yakni untuk menyikapi pernyataan kedua tim sukses tentang klaim jalan tol.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.