Dark/Light Mode

Ambisi Pembangunan Jalan Tol Giyantipura

Senin, 25 Februari 2019 16:34 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Alasan Romo Semar bisa dimengerti. Karena semakin mendekati hari pencoblosan, mutu kampanye kedua belah tim sukses semakin ‘waton suloyo dan miskin tulodo’. Kedua tim saling rebut benar, tidak ada yang mau mengakui kesalahan. Semar menerawang ke era Prabu Boma Narakasuro.

 Bagaimana seorang raja besar jadi korban ambisi pembangunan jalan tol yang dirancang oleh istrinya sendiri Dewi Hagnyanawati. Kocap kacarito, Prabu Boma Narakasura benar-benar tidak paham atas permintaan istrinya Dewi Hagnyanawati minta dibuatkan jalan tol dari ibukota kerajaan Trajutrisno menuju Giyantipura.

Baca juga : Total War’ Wangsa Gorawangsa

Padahal rute pembangunan jalan tol yang menelan anggaran miliaran kepeng tersebut merupakan projek yang tidak memberikan nilai ekonomi bagi kerajaan. Apalagi pembangunan jalan tol tersebut harus menebas wilayah pemakaman leluhur Mandura Astana Gadamadana.

Sebagai anak Prabu Kresna dengan Dewi Pertiwi, Boma Narakasura pasti akan kena karma jika harus mengorbankan wilayah pemakaman leluhurnya. Tapi karena permintaan istri tercinta, Boma menyetujui pembangunan jalan tol Trajutrisno ke Giyantipura. 

Baca juga : Tabloid Seksi Sarpakenoko

Motif pembangunan jalan tol mulai terkuak yaitu ambisi pribadi Dewi Hagnyanawati yang merasa tidak bahagia kawin dengan Prabu Boma Narakasuro. Sang Dewi lebih mencintai adik iparnya sendiri yakni Raden Samba. Raden Samba lebih muda dan ganteng menjadi selingkuhan Dewi Hagnyanawati.

Dengan dibangunnya jalan tol, akan mempersingkat waktu kunjungan Dewi Hagnyanawati mengunjungi Raden Samba. Akan tetapi  sepandai-pandainya menyimpan bau busuk, pasti akan tercium juga oleh sang Prabu Boma Narakasuro.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.